DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN KEMAMPUAN ORIENTASI MOBILITAS PADA ANAK TUNANETRA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU TONGKAT MODIFIKASI BERBASIS ARDUINO
PENGARANG:Muhammad Azmi Rahman
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-17


Muhammad Azmi Rahman, 2018. Peningkatan Kemampuan Orientasi Mobilitas Pada Anak Tunanetra Dengan Menggunakan Alat Bantu Tongkat Modifikasi Berbasis Arduino. Skripsi. Progam S1 Pendidikan Khusus.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat banjarmasin. Tahun Akademik 2017/2018. Pembimbing I : Dr. Ali Rachman, M. Pd. Pembimbing II : Mirnawati, M. Pd.

Kata Kunci : Tunanetra, Orientasi Mobilitas, Tongkat Modifikasi Arduino

Tunanetra mengalami hambatan dalam penglihatan sehingga informasi yang diperoleh dari lingkungannya menjadi tidak lengkap. Penelitian ini dilakukan terhadap anak tunanetra yang tidak memiliki persepsi cahaya lagi sehingga kesulitan dalam melakukan orientasi mobilitas. jika hal ini tidak ditangani maka akan berdampak pada perkembangan kemampuan orientasi mobilitas anak tunanetra dan juga akan berdampak pada kemampuan interaksi anak tunanetra terhadap lingkungannya. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang permasalahan yang didapatkan oleh anak tunanetra, dengan tujuan untuk mengetahui adakah peningkatan kemampuan orientasi mobilitas pada anak tunanetra dengan menggunakan alat bantu tongkat berbasis arduino di SDLB Fajar Harapan Martapura.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Single subject Research (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desai A-B. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunanetra kelas V SDLB Fajar Harapan Martapura yang berumur 15 tahun. Sistem pencatatan data menggunakan frekuensi (banyaknya perilaku dalam waktu tertentu). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi.

 

Hasil penelitian menunjukan mean level kemampuan mobilitas anak tunanetra pada baseline (A) adalah 6,7, dan pada tahap intervensi (B) adalah7. Berdasarkan data mean level tersebut maka ada peningkatan kemampuan orientasi mobilitas anak tunanetra terhadap alat bantu tongkat berbasis arduino di SDLB Fajar Harapan Martapura.   

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI