DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN ROI DAN PRINSIP DESAIN PADA SPANDUK (ANALISIS ISI KUALITATIF PADA DESAIN SPANDUK KOMERSIAL SUPER PRINT BANJARMASIN)
PENGARANG:NOVRILDA ROSA PALUPI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-17


ABSTRAK

 

Novrilda Rosa Palupi, D1C114091, 2018, Penerapan ROI Dan Prinsip Desain Pada Spanduk (Analisis Isi Kualitatif Pada Desain Spanduk Komersial Super Print Banjarmasin) dibawah bimbingan Bapak Bachruddin Ali Akhmad dan Bapak Muhammad Alif.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan ROI (Relevant, Original, dan Impact) dan prinsip desain pada spanduk komersial hasil percetakan digital Super Print di Banjarmasin.

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi kualitatif. Tipe penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis model Miles dan Hubermen yaitu reduksi data, penyajian data, triangulasi & penarikan kesimpulan.

Hasil analisis pada spanduk menunjukkan Super Print telah menerapkan ROI pada spanduk yang didesain terutama untuk penerapan relevant dan impact. Meskipun begitu hampir seluruh desain spanduk masih memuat unsur-unsur yang tidak original karena desainer grafis mengambil unsur-unsur tersebut dari internet. Prinsip-prinsip desain pada spanduk sudah diterapkan dengan baik. Hampir seluruh desain spanduk sudah memenuhi kriteria kesatuan, irama, kontras, fokus, dan proporsi. Untuk prinsip keseimbangan hampir setengah desain spanduk tidak memenuhi prinsip keseimbangan karena penyebaran bobot yang masih berat sebelah.

 

Kata kunci:  relevant, original, impact, prinsip desain, spanduk

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI