DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Nyeri Rheumatoid Arthritis dengan Kualitas Tidur Lansia di PSTW Budi Sejahtera Banjarbaru
PENGARANG:YULIA YUNARA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-17


Latar belakang: Rheumatoid arthritis adalah suatu kondisi yang sering terjadi pada lansia dengan gejala umumnya adalah rasa nyeri. Rasa nyeri tersebut dapat mengganggu tidur penderitanya sehingga dapat mempengaruhi pada kualitas tidur.

Tujuan: Untuk mengidentifikasi hubungan antara nyeri rheumatoid arthritis dengan kualitas tidur lansia di PSTW Budi Sejahtera Banjarbaru.

Metode: Penelitian dengan desain korelasional analitik dan pendekatan cross sectional pada sampel sebanyak 44 orang lansia yang menggunakan teknik total sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah Wong-Baker Faces Pain Rating Scale (WBFPRS) untuk mengukur nyeri rheumatoid arthritis dan The Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) untuk mengukur kualitas tidur. Data dianalisis dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov.

Hasil: Terdapat hubungan antara nyeri rheumatoid arthritis dengan kualitas tidur lansia di PSTW Budi Sejahtera Banjarbaru (p-value = 0,037 dan α= 0,05). Sebagian besar lansia berada pada skala nyeri (27,3%) dan memiliki kualitas tidur buruk (70,5%).

Pembahasan: Rasa nyeri rheumatoid arthritis dapat mempengaruhi kualitas tidur, namun terdapat faktor lainnya yang juga dapat mempengaruhi kualitas tidur sehingga disarankan untuk penelitian selanjutnya.

 

Kata Kunci: nyeri rheumatoid arthritis, kualitas tidur, lansia

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI