DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI SELEKSI PERANGKAT DESA DI DESA HANDIL BABIRIK KECAMATAN BUMI MAKMUR DAN DESA TAJAU PECAH KECAMATAN BATU AMPAR KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:MUHAMMAD HADIAT WICAKSONO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-17


ABSTRAK

 

MUHAMMAD HADIAT WICAKSONO, NIM.D2B115008,2019, Evaluasi Seleksi Perangkat Desa di Desa Handil Babirik Kecamatan Bumi Makmur dan Desa Tajau Pecah Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut, dibawah bimbingan H. Asmaji Darmawi selaku Pembimbing I dan Jamaluddin selaku Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki sistem rekrutmen perangkat desa ke depannya dengan cara menganalisis dan mengevaluasi proses seleksi perangkat desa di Desa Handil Babirik, Kecamatan Bumi Makmur dan Desa Tajau Pecah, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut. Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini yaitu Camat setempat, Pejabat Dinas PMD Kabupaten Tanah Laut, pejabat yang berwenang, serta unsur masyarakat terkait. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat).

Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan seleksi perangkat desa di kedua desa tersebut berjalan mengikuti pedoman ketentuan yang berlaku, akan tetapi masih ada yang belum sesuai dengan regulasi dan harapan. Dari aspek perangkat desa/sumber daya manusia: lemahnya administrasi, pemahaman warga terhadap keputusan yang diambil terkait seleksi perangkat desa lebih baik di Desa Tajau Pecah dibandingkan Desa Handil Babirik. Dari aspek organisasi: perbedaan penafsiran aturan dari para stakeholder, kurangnya keterbukaan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat. Dari aspek peraturan pelaksanaan: penentuan kelulusan seleksi belum mengakomodir keterampilan dan kompetensi calon perangkat melalui metode tes yang relevan.

Disarankan kepada Bupati Tanah Laut agar melakukan revisi peraturan kepala daerah tentang seleksi perangkat desa dengan penambahan metode tes untuk mengetahui keterampilan dan kompetensi yang dimiliki calon perangkat desa, kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Tanah Laut perlu untuk meningkatkan pemahaman stakeholder yang terlibat dalam seleksi perangkat desa melalui bimbingan teknis, sosialisasi, pendampingan dari SKPD teknis maupun Camat setempat, dan kepada peneliti lainnya agar melakukan penelitian sejenis dengan titik berat terhadap hal-hal lain yang belum dibahas dalam tesis ini misalnya jenjang karir perangkat desa, pendidikan dan pelatihan perangkat desa, dan sebagainya.

 

Kata Kunci:    Evaluasi, Seleksi, Perangkat Desa, Regulasi, Analisis Strength Weakness Opportunity Threat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI