DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PRODUKTIVITAS ALAT GALI MUAT TERHADAP PENCAPAIAN TARGET PRODUKSI OVERBURDEN DI PT RIMAU ENERGY MINING SITE DESA PUTUT TAWULUH, KECAMATAN KARUSEN JANANG, KABUPATEN BARITO TIMUR, PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:M. AZHARI FIRDAUS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-20


Produktivitas merupakan kemampuan alat melakukan kegiatan produksi berdasakan waktu efektif dalam satuan waktu ( 1 jam). Produktivitas alat gali muat dipengarahui oleh beberapa parameter yaitu cycle time, bucket fill factor, swell factor, effective utilization. Target produktivitas alat gali muat PC 800 SE sebesar 265 BCM/jam dan target produksi dalam 1 shift adalah 1432,71 BCM.

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi pada kegiatan pemindahan overburden. Observasi dilakukan baik pada alat mekanis (waktu siklus, waktu tunda, dan bucket fill factor) maupun pada sifat material (kepadatan dan swell factor). Data yang dikumpulkan dari pengamatan kemudian diolah menggunakan komputer untuk mendapatkan hasil produksi aktual.

Berdasarkan pengamatan dan hasil pengolahan didapatkan bahwa rata-rata produksi 1001,44 BCM, rata-rata produktivitas 223,5 BCM/jam, rata-rata cycle time 0,43 menit, rata-rata effective utilization (EU) 54%, rata-rata waktu efektif dalam 1 shift 3,46 jam. Nilai effective utilization (EU) dipengaruhi oleh hambatan yang dapat dihindari dan hambatan tidak dapat dihindari.

Kata Kunci: effective utilization (EU), produksi, produktivitas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI