DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 6 BANJARMSIN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING
PENGARANG:Karlina
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-21


MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 6 BANJARMSIN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING(Oleh: Karlina; Dosen Pembimbing: Eko Susilowati, Sarah Miriam; 2019; 58 Halaman)

 

 

ABSTRAK

Minat dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 6 Banjarmasin masih rendah. Hal ini berdasarkan data hasil pengisian angket minat peserta didik sebesar 60% . Oleh karena itu, dilakukan upaya untuk meningkatkan minat dan hasil belajar didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keterlaksanaan RPP (2) minat  (3) hasil belajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart terdiri dari 2 siklus setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan penyebaran angket. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian siklus I dan siklus II yaitu: (1) Keterlaksanaan RPP secara keseluruhan memperoleh kriteria sangat baik (2) Minat peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing meningkat dari 74 dengan  kriteria baik menjadi 82 dengan kriteria sangat baik, (3) Hasil belajar peserta didik meningkat dengan ketuntasan klasikal  dari  23,3% menjadi 80%. Diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Banjarmasin.

 

Kata kunci: Minat, hasil belajar, inkuiri terbimbing

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI