DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENERAPAN MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Pada BUMN Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017)
PENGARANG:DIMAS MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-21


ABSTRAKSI

 

DIMAS MAULANA, C1C115441, PENGARUH PENERAPAN

MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP

MANAJEMEN LABA (Studi Pada BUMN di Bursa Efek Indonesia Periode

2014-2017)

(di bawah bimbingan Bapak Dr. Sarwani, Drs, M.si, Ak, CA)

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Good CorporateGovernance terhadap manajemen laba. Mekanisme Good Corporate Governance yang digunakan adalah Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusioanl, Komisaris Independen dan Komite Audit pada perusahaan BUMN pada tahun 2014-2017.

 

Penelitian ini dilakukan dengan metode studi pustaka dan dokumentasi dengan menggunakan data dari laporan keuangan tahunan perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Teknik pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan program SPSS.

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Good Corporate Governance hanya Komisaris Independen yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Komite Audit tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.

 

Kata      kunci: Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris Independen, Komite Audit, Manajemen Laba, dan GoodCorporate Governance

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI