DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Komunikasi Interpersonal Pada Pasangan Pernikahan Dini Dalam Mempertahankan Keharmonisan Pernikahan Di Kota Pelaihari Kabupaten Tanah Laut
PENGARANG:NOR ULFAH SA`DIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-21


ABSTRAK

Nor Ulfah Sa’diyah, D1C115080. (2019) Komunikasi Interpersonal Pada Pasangan Pernikahan Dini Dalam Mempertahankan Keharmonisan Penikahan di Kota Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Dibawah bimbingan Sri Astuty dan Sarwani.

Pernikahan dini sering dianggap tidak akan bertahan lama, namun tidak semua pernikahan dini berakhir dengan perceraian dan keharmonisan pernikahan masih terjaga dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Komunikasi Interpersonal Pada Pasangan Pernikahan Dini Dalam Mempertahankan Keharmonisan Pernikahan dengan indikator yaitu keterbukaan, empati, dukungan, perasaan positif, dan kesetaraan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari tiga pasangan pernikahan dini di Kota Pelaihari Kabupaten Tanah laut. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman. 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi pasangan pernikahan dini dalam kesehariannya lebih mengarah ke model komunikasi transaksional. Interaksi komunikasi pasangan lebih sering menggunakan bahasa dan sesekali menggunakan isyarat. Bahasa yang digunakan adalah bahasa halus yang dipengaruhi oleh budaya yang dianut dan kebiasaan lingkungan sekitar. Meskipun menikah diusia dini, komunikasi interpersonal antara suami dan istri terbuka meskipun ada beberapa hal yang tidak diceritakan kepada pasangan karena tidak ingin pasangan khawatir dan terbawa emosi, sikap empati kuat dengan saling menguatkan mampu memahami perasaan dan kondisi pasangan, dukungan yang diberikan berupa perkataan dan tindakan, perasaan positif dengan pasangan, dan kesetaraan antara suami dan istri memiliki tingkat yang sama, saling menghargai dan menghormati. Melalui itulah pasangan dapat mempertahankan keharmonisan pernikahan.

Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Pernikahan Dini, Keharmonisan Pernikahan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI