DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perbandingan Analisa Respon Spektrum dan Analisa Riwayat Waktu untuk Bangunan Delapan Lantai di Surabaya
PENGARANG:NURUL HAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-21


Analisa yang digunakan dalam perencanaan bangunan delapan lantai ini adalah analisa dinamik untukmemperoleh gaya-gaya gempa yang bekerja padastruktur lebih akurat, serta untuk mengetahui perilaku dari struktur akibat pengaruh gempa padastruktur dengan bentuk atau konfigurasi yang tidak teratur. Analisa dinamik yang digunakan dalam perencanaan ini adalah analisarespon spektrum (response spectrum analysis) dan analisa riwayat waktu(time history analysis). Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan analisa respon spektrum dan analisa riwayat waktu berdasarkan peta gempa 2017.

Tahapan analisa dimulai dengan studi literatur dan pengumpulan data. Tahapan selanjutnya adalah permodelan struktur yaitu preliminary design dan perhitungan pembebanan dengan menggunakan metode manual. Setelah itu bangunan dianalisa secara linear dengan menggunakan analisa respon spektrum dan dianalisa secara nonlinear dengan menggunakan analisa riwayat waktu. Data gempa untuk analisa riwayat waktu menggunakan 3 (tiga) ground motions dan 7 (tujuh) ground motions.

Berdasarkan hasil analisa disimpulkan bahwa analisa respon spektrum merupakan analisa yang lebih sederhana dibandingkan analisa riwayat waktu, akan tetapi dengan menggunakan analisa riwayat waktu gaya yang dihasilkan lebih mendekati respon struktur yang sebenarnya sedangkan analisa respon spektrum gaya yang dihasilkan jauh lebih besar dari respon struktur sebenarnya ketika terjadi gempa. Nilai base shearyang terbesar dari kedua analisa yaitu nilai base sheardengan analisa respon spektrum karena dianalisa secara linear sedangkan analisa riwayat waktu dianalisa secara nonlinear. Dimana persentase nilai base shear analisa riwayat waktu adalah 47% nilai base shear respon spektrum. Nilai story drift dengan respon spektrum aman terhadap story drift ijin, kemudian dievaluasi dengan story drift analisa riwayat waktu masih dalam kategori aman. Pada perencanaan pondasi yang ditinjau terhadap pengaruh gempa berdasarkan analisa respon spektrum dan analisa riwayat waktu jumlah tiang yang digunakan 2 tiang. pada setiap titiknya, yang mana daya dukung horizontal dengan menggunakan 2 tiang aman karena gaya horizontal yang terjadi kurang dari gaya horizontal ijin.

 

Kata kunci: analisa respon spektrum, analisa riwayat waktu, pondasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI