DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penyusunan Model Bisnis Oleh-Oleh Kue Bolu Wortel (Daucus Carota L.) Dengan Metode Business Model Canvas (BMC)
PENGARANG:BELLA INDRIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-22


Bisnis oleh-oleh khususnya produk makanan seperti bakeri sedang banyak bermunculan saat ini. Menghadapi persaingan bisnis tersebut diperlukanlah perencanaan. Salah satu produk oleh-oleh yang banyak diminati adalah kue bolu. Produk bolu yang saat ini beredar di pasaran didominasi oleh bolu dengan rasa-rasa seperti cokelat, moka, maupun pandan. Sangat jarang dijumpai produk bolu dengan bahan tambahan berupa sayuran. Salah satu produk bakeri dengan bahan tambahan berupa sayuran adalah Carrot Cake. Carrot Cake atau bolu wortel merupakan kue bolu yang memiliki tekstur empuk dengan tambahan parutan wortel di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan secara sistematis model bisnis dalam konsep bisnis model kanvas untuk produk inovasi olahan dari sayur berupa wortel pada produk bakeri dan menambah alternatif produk oleh-oleh khas Kalimantan Selatan. Pada tahap pembuatan produk bolu wortel, berdasarkan kuisioner yang ditelah dibagikan kepada panelis tidak terdapat perbedaan kesukaan dari kedua sampel bolu yang diujikan sehingga produk bolu wortel yang dipilih untuk dipasarkan adalah produk bolu dengan penambahan wortel parut sebanyak 43,5%. Komposisi tersebut dipilih karena lebih banyak disukai panelis berdasarkan hasil kuisioner.  Tahap penyusunan model bisnis menggunakan bisnis model kanvas dilakukan dengan mengumpulkan informasi dari 100 orang responden di daerah Banjarbaru. Customer Segments dari bisnis ini adalah wisatawan dan pekerja/pegawai serta masyarakat Kalimantan Selatan yang melakukan perjalanan. Value Proposition bisnis ini adalah sebagai camilan sehat karena terbuat dari wortel, menggunakan flavor asli dan tidak menggunakan pemanis, lokasi pembelian yang mudah dijangkau dan produk yang selalu tersedia. Channels berupa sentra oleh-oleh, online store dan delivery order serta retail. Customer Relationship dilakukan dengan promosi dalam bentuk potongan harga, menyediakan paket keluarga, hubungan dengan konsumen melalui aplikasi atau media sosial serta memberikan pelayanan yang ramah. Revenue Streams bisnis oleh-oleh ini adalah dari kegiatan penjualan produk bolu wortel itu sendiri dimana harga jual untuk produk bolu wortel ini adalah sebesar Rp 30.000,-. Key Resources berupa peralatan pembuatan bolu, staf produksi, staf penjualan dan staf pengantaran. Key Activities berupa proses produksi yang sesuai dengan SOP serta pelayanan yang cepat atau fast response. Key Partners yaitu supplier wortel segar, jasa pemesanan online dan sentra oleh-oleh. Cost Structure dari bisnis oleh-oleh bolu wortel ini terdiri dari biaya pokok produksi bolu wortel, biaya pembuatan kemasan serta biaya untuk keperluan operasional dan promosi sehingga dapat dihitung biaya yang dikeluarkan untuk produksi 1 biji bolu siap jual adalah sebesar Rp 23.000,-

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI