DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN PERAWATAN PAYUDARA TERHADAP KESIAPAN IBU HAMIL DALAM MEMBERIKAN ASI (Studi Di Wilayah Kerja Puskesmas Rawat Inap Cempaka Banjarbaru Kalimantan Selatan)
PENGARANG:NUR AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-22


ABSTRAK

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN PERAWATAN PAYUDARA TERHADAP KESIAPAN IBU HAMIL DALAM MEMBERIKAN ASI

(Studi Di Wilayah Kerja Puskesmas Rawat Inap Cempaka Banjarbaru Kalimantan Selatan)

 

Azizah, Nur

Latar Belakang: Salah satu permasalah yang sering dialami oleh ibu hamil yaitu kurangnya informasi tentang perawatan payudara pada saat hamil, perawatan payudara pada saat hamil diperlukan untuk mempersiapkan air susu ibu. Proses pemberian informasi dapat dilakukan dengan cara memberikan pendidikan kesehatan.

Tujuan: Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan perawatan payudara terhadap kesiapan ibu hamil  dalam memberikan ASI.

Metode: Desain penelitian menggunakan quasy eksperimen design dengan rancangan non-equivalent control group, teknik pengambilan sampel quota sampling. Jumlah sampel sebanyak 30  orang yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu intervensi dan kontrol. Instrument yang digunakan yaitu kuesioner kesiapan ibu dalam memberikan ASI. Analisis data menggunakan uji wilxocon dan mann-whitney.

Hasil: Terdapat perbedaan kesiapan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan nilai p-value 0,000 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara pendidikan kesehatan perawatan payudara terhadap kesiapan ibu hamil dalam memberikan ASI.

Pembahasan: Pendidikan kesehatan perawatan payudara dapat diberikan pada ibu hamil untuk membantu meningkatkan kesiapan ibu dalam memberikan ASI.

 

Kata Kunci: kesiapan, perawatan payudara, pendidikan kesehatan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI