DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN LAMA MENDERITA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN DIABETES MELLITUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI BESAR
PENGARANG:R I A
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-22


ABSTRAK

HUBUNGAN LAMA MENDERITA DENGAN KUALITAS HIDUP

PASIEN DIABETES MELLITUS DI WILAYAH KERJA

PUSKESMAS SUNGAI BESAR

 

R I A

Latar belakang: Diabetes melitus merupakan keadaan penyakit metabolik yang terjadi karena adanya peningkatan kadar glukosa darah dan terjadinya penurunan sekresi insulin dalam tubuh. Diabetes mellitus adalah penyakit yang akan diderita seumur hidup dan tidak dapat disembuhkan secara total sehingga mempengaruhi kualitas hidup pasien baik pasien baru maupun lama.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama menderita dengan kualitas hidup pasien diabetes mellitus di wilayah kerja Puskesmas Sungai Besar.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan cross sectional. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan purpossive sampling dengan sampelberjumlah 101 pasien diabetes melitus. Tekhnik analisis data menggunakan Chi-Square. Penelitian dilakukan dari Februari sampai Maret 2019 menggunakan kuesioner .

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan pasien diabetes mellitus sebagian besar menderita diabetes dengan durasi pendek (58,4%). Pasien diabetes mellitus sebagian besar memiliki kualitas hidup yang baik (59,4%). Hasil uji Chi-Square diperoleh nilai P= 0,000 (α <0,05) menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara lama menderita dengan kualitas hidup pasien diabetes mellitus di wilayah kerja Puskesmas Sungai Besar.

Diskusi: Lama menderita diabetes mellitus merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas hidup pasien diabetes mellitus, semakin lama menderita diabetes mellitus maka semakin berkurang kualitas hidup.

Kata kunci: Diabetes Melitus, Kualitas Hidup, Lama Menderita

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI