DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMBERIAN SIMULASI TEKNIK MENYUSUI TERHADAP KEMAMPUAN IBU HAMIL TRIMESTER III DALAM MENYUSUI (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Guntung Manggis Banjarbaru Kalimantan Selatan)
PENGARANG:MUNICA SURTIONO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-22


ABSTRAK

PENGARUH PEMBERIAN SIMULASI TEKNIK MENYUSUI TERHADAP KEMAMPUAN IBU HAMIL TRIMESTER III DALAM MENYUSUI

(Studi Di Wilayah Puskesmas Guntung Manggis Banjarbaru Kalimantan Selatan)

Surtiono, Munica

Latar belakang:Teknik Menyusui merupakan cara pemberian ASI dengan posisi serta perlekatan ibu dan bayi dengan tepat. Masalah yang sering dialami ibu ketika menyusui adalah puting lecet serta pemberian ASI yang tidak maksimal. Hal itu dikarenakan kemampuan ibu dalam menyusui masih kurang, sehingga perlu diberikan pengajaran tentang teknik menyusui yang tepat. Salah satu metode yang dapat diajarkan adalah simulasi.

Tujuan: Mengetahui apakah terdapat pengaruh pemberian simulasi teknik menyusui terhadap kemampuan Ibu Hamil trimester III dalam menyusui.

Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimental dan rancangan non equivalent control group design. Responden dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan jumlah masing – masing 15 orang. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan observasi sebelum dan sesudah menggunakan lembar observasi yang berisi 15 pernyataan.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian simulasi teknik  menyusui  terhadap kemampuan Ibu Hamil trimester III dalam menyusui kelompok dengan nilai p-value 0,000<0,05.

Pembahasan: Setelah diberikan simulasi teknik menyusui kemampuan responden dalam menyusui meningkat 39,1% serta responden mampu mempraktekkan teknik menyusui yang tepat

Kata kunci: Teknik menyusui, Simulasi, Kemampuan Menyusui.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI