DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Nilai Biografi Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari Dalam Penyebaran Agama Islam Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
PENGARANG:Sisca Nuur Fatimah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-23


Fatimah, Sisca Nuur. 2018.NilaiBiografi Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari dalam Penyebaran Agama Islam sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Skripsi. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Dr. Ersis Warmansyah Abbas., M.Pd, (II) Melly Agustina Permatasari, M.Pd

 

Kata Kunci: Biografi, Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari, Sumber belajar IPS

 

Biografi tokoh penting disekitar lingkungan siswa dapat dijadikan sumber belajar kontekstual dan sejalan dengan tujuan kurikulum pendidikan Tahun 2013. Riwayathidup Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari dalam penyebaran agama  Islam tidak hanya mengajarkan cara mempercerdas diri dengan pengetahuan tetapi juga mengajarkan perilakukerja keras, religius dan cinta tanah air.Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan biografiSyekh Muhammad Nafis Al-Banjari dan menganalisis nilai biografi Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari dalam penyebaran agama Islam sebagai sumber belajar IPS.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode dekriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara  dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kota Martapura yang mengetahui Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik porpuse sampling. Teknis analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan Syekh Muhammad Nafis lahir di Martapura Tahun1735 (1148 H) dan meninggal dunia di Kelua, Kabupaten Tabalong pada Tahun 1812. Beliau adalah keturunan Kesultanan Banjar dan silsilahnya bersambung hingga ke Sultan Suriansyah atau Pangeran Samudra. Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari adalah seorang ulama sufi penulis Kitab Ad-Durrun Nafis. Nilai biografi Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari dalam menyebarkan Agama Islam yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS adalah sikap kerja keras, religius dan cinta tanah air yang dapat diimplementasikan pada pelajaran IPS ditingkat Sekolah Dasar kelas V dan Sekolah Menengah Pertama kelas VII dan VIII. Nilai biografi Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari dapat memberikan tuntunan dalam menjalani kehidupan agar menjadi pribadi yang lebih baik.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI