DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MANAJEMEN PEMERINTAH DESA DALAM MERENCANAKAN BADAN USAHA MILIK DESA DI DESA BATU RAYA I KECAMATAN GUNUNG TIMANG KABUPATEN BARITO UTARA
PENGARANG:NOORMALIA ULFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-23


ABSTRAK

 

 

Noormalia Ulfah,1720421320027, 2015. Manajemen Pemerintah Desa Dalam Merencanakan Badan Usaha Milik Desa Di Desa Batu Raya I Kecamatan Gunung Timang Kabupaten Barito Utara. Tesis,Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan Program PascasarjanaUniversitas Lambung Mangkurat, dibawah bimbingan Budi Suryadi danJamaluddin.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui dan menganalisis manajemen pemerintah desa dalam merencanakan Badan Usaha Milik Desa di Desa Batu Raya I Kecamatan Gunung Timang Kabupaten Barito Utaradan untuk mengetahui faktor yang menjadi kendala dan pendukung manajemen pemerintah desa dalam merencanakan Badan Usaha Milik Desa di Desa Batu Raya I Kecamatan Gunung Timang Kabupaten Barito Utara.

Metode penelitian yang digunakan adalahkualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi (pengamatan), wawancara, dokumentasi. Teknik analisisdata menggunakan analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulanMenurut Miles dan Hubennen (dalam Sugiyono, 2008)

Berdasarkan hasil penelitian diharapkan Dalam manajemen pemerintah desa dalam merencanakan Badan Usaha Milik Desa di Desa Batu Raya I Kecamatan Gunung Timang Kabupaten Barito Utara, pemerintah desa memperhatikan aturan berdasarkan kepada Permendesa Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa, dimana secara manajemen, perencanaan BUMDesa Batu Raya I  dari awal pembentukannya mempertimbangkan inisiatif pemerintah desa, potensi usaha ekonomi desa, sumber daya alam di desa, sumber daya manusia yang mampu mengelola BUMDesa Batu Raya I, serta bentuk penyertaan modal yang sementara dari Pemerintah Desa dalam bentuk pembiayaan dan kekayaan desa yang diserahkan untuk dikelola sebagai bagian dari usaha BUMDesa Batu Raya I.

Faktor pendukung berupa dukungan sumber daya yang ada baik sumber daya alam, manusia dan sumber daya financial. Selain itu yang menjadi faktor pendukung adalah adanya dukungan dari pemerintah baik pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, maupun pemerintah desa dalam mendukung bentuk usaha dari BUMDesa Batu Raya I, serta adanya kerjasama dari pihak ketiga yang memberikan konribusi sebagai penyokong atau produsen penyalur (supplier) bagi BUMDesa Batu Raya I seperti pihak Pupuk Kaltim dan yang sedang dalam penjajakan seperti Pertamina.

 

Kata Kunci : Manajemen Pemerintah, Merencanakan


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI