DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH TINGKAT PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KEHARMONISAN DALAM KELUARGA DI KOMPLEK BUMI PEMURUS PERMAI BANJARMASIN
PENGARANG:Liza Dwi Eftiza Khairunniza
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-24


Berdasarkan pengamatan secara visual, terlihat bahwa karakteristik masyarakat di Komplek Bumi Pemurus Permai Banjarmasin lebih individualis dibandingkan dengan Komplek Pemurus Indah dan sekitarnya, karena tingkat penggunaan gadget yangmelebihi batas normal. Penelitian ini bertujuan: (1)  menggambarkan tingkat penggunaan gadget pada masyarakat di Komplek Bumi Pemurus Permai Banjarmasin (2) menggambarkan keharmonisan dalam hubungan sosial keluarga di Komplek Bumi Pemurus Permai  Banjarmasin (3) menjelaskan pengaruh tingkat penggunaan gadget terhadap keintiman dalam keluarga di Komplek Bumi Pemurus Permai Banjarmasin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah probability sampling (sampel probabilitas, sampel berpeluang). Teknik probability sampling yang digunakan adalah cluster sampling (sampel wilayah, sampel area). Pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan dan angket/kuesioner. Analisis hasil penelitian menggunakan langkah-langkah editing, skoring, tabulating, dan SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: H0 = “tidak ada pengaruh tingkat penggunaan teknologi gadget terhadap keharmonisan keluarga di Komplek Bumi Pemurus Permai Banjarmasin” ditolak. Sedangkan Ha = “ada pengaruh tingkat penggunaan teknologi gadget terhadap keharmonisan keluarga di Komplek Bumi Pemurus Permai Banjarmasin” diterima.(1) tingkat penggunaan gadget pada masyarakat di Komplek Bumi Pemurus Permai Banjarmasin masuk ke dalam kategori tinggi karena penggunaan teknologi gadget lebih dari 4 jam dalam sehari sebesar 56,22%. (2) keharmonisan keluarga di Komplek Bumi Pemurus Permai Banjarmasin masuk ke dalam kategori amat sangat baik dengan nilai sebesar 91,16% pada pernyataan positif tentang sikap, akhlak dan moral yang tercermin dari reponden / masyarakat. Sedangkan keharmonisan keluarga yang dilihat dari ilmu sosiologi menunjukkan bahwa hampir seluruh fungsi pranata keluarga dalam ilmu sosiologi berjalan lancar dan hanya beberapa fungsi pranata keluarga yang tidak berjalan cukup baik, khususnya fungsi sosialisasi dan fungsi ekonomi.(3) Pengaruh tingkat penggunaan teknologi gadget terhadap keharmonisan keluarga di Komplek Bumi Pemurus Permai Banjarmasin memperoleh nilai dengan tingkat penggunaan gadget (X) terhadap keharmonisan keluarga (Y) adalah 19,9% sedangkan 80,1% keharmonisan keluarga dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada masyarakat untuk tetap menggunakan teknologi gadget sesuai dengan kebutuhan dan manfaat yang penggunaannya bukan hanya berpengaruh kepada diri sendiri tetapi juga berpengaruh kepada orang disekitar kita termasuk keluarga.

 

 

 

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI