DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN LIMBAH ROTI DALAM RANSUM TERHADAP BOBOT AKHIR, PERSENTASE KARKAS, PERSENTASE LEMAK ABDOMINAL DAN IOFC ITIK PEKING
PENGARANG:MUHAMMAD TAUFIK
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-24


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan limbah roti dalam ransum terhadap bobot akhir, persentase karkas, persentase lemak abdominal dan nilai IOFC itik peking umur 7 minggu. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan 4 ulangan, dan 4 ekor itik tiap ulangan. Perlakuan yang di berikan adalah penambahan limbah roti dalam ransum, yaitu 0%, 10%, 20%, 30%, 40%. Peubah yang diamati adalah bobot akhir, persentase karkas, persentase lemak abdominal dan nilai IOFC. Data analisis menggunakan sidik ragam setelah sebelumnya dilakukan uji homogenitas data. Jika analisis ragam menunjukkan pengaruh yang nyata maka dilanjutkan dengan uji beda nilai tengah menggunakan Uji Wilayah Berganda Duncan (DMRT).  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan limbah roti dalam ransum hingga 40% berpengaruh terhadap bobot akhir, persentase karkas, dan IOFC akan tetapi tidak berpengaruh pada persentase lemak abdominal itik peking umur 7 minggu.

Kata Kunci : limbah roti, bobot akhir, persentase karkas, persentase lemak abdominal dan IOFC.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI