DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PENYELENGGARAAN SISTEM AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH BERDASARKAN MANAJEMEN KINERJA BERBASIS BALANCED SCORECARD PADA BIRO ORGANISASI SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:Galih Yudhi Permana
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-24


ABSTRAK

 

Galih Yudhi Permana, 2019, Evaluasi Penyelenggaraan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Berdasarkan Manajemen Kinerja Berbasis Balanced Scorecard Pada Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, penulisan tesis ini di bawah bimbingan (1) Samahuddin Muharam dan  (2) Muhammad Riduansyah Syafari.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyelenggaraan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang dievaluasi dengan Manajemen Kinerja Berbasis Balanced Scorecard, serta bagaimana dampak penyelenggaraan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah tersebut dalam peningkatan kinerja seluruh pegawai pada Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif, melalui wawancara dengan narasumber serta melakukan pendokumentasian dokumen-dokumen kinerja yang berkaitan. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.

Hasil yang didapatkan yaitu pada penyelenggaraan perencanaan kinerja, terutama pada proses penjenjangan kinerja, antara SAKIP dengan Balanced Scorecard masih terdapat perbedaan cara menyusunan, dimana SAKIP tidak menggunakan empat perspektif yang digunakan Balanced Scorecard. Selain itu penyusunan program dan kegiatan pada SAKIP hanya dapat menentukan kegiatan yang ditentukan, tanpa bisa memilih program yang akan dilaksanakan. Untuk proses pengukuran, pelaporan, evaluasi dan monitoring kinerja kurang lebih sama antara SAKIP dan Balanced Scorecard. Selanjutnya dampak yang disebabkan penyelenggaraan SAKIP pada Biro Organisasi yaitu terdapat peningkatan pencapaian kinerja baik pada perspektif Pelanggan, Keuangan, dan Proses Internal. Namun bagi perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan masih belum memiliki dampak yang signifikan.

Kesimpulan yang didapatkan yaitu SAKIP memang mengadopsi konsep-konsep Balanced Scorecard, namun hanya konsep-konsep secara umum. Di sisi lain, penyelenggaraan SAKIP memberikan dampak yang cukup signifikan bagi pencapaian kinerja Biro Organisasi meskipun masih ada perspektif yang belum terlalu berpengaruh.

 

Kata Kunci : Evaluasi SAKIP, Balanced Scorecard

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI