DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Nilai Pendidikan di dalam Biografi Yustan Aziddin Sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:Mulia Ulfah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-25


Abstrak

Mulia Ulfah, 2018. Nilai Pendidikan di Dalam Biografi Yustan Aziddin Sebagai Sumber Belajar IPS, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I Dr. Syaharuddin, MA dan Pembimbing II Mahmudah Hasanah, M. Pd

Dikalimantan Selatan memiliki seorang sastrawan yang sangat dikenal masarakat dengan panggilan ‘’si palui’’ tetapi sebagaian orang tidak mengetahui siapa sosok sastrawan  teserbut. Dari biografi tersebut terdapat nilai pendidikan di dalam biografi dijadikan sebagai sumber belajar IPS.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskrisipkan tentang biografi Yustan Aziddin dalam memulai karyanya, mendeskripsikan nilai-nilai Yustan Aziddin, mendeskripsikan nilai pendidikan di dalam biografi Yustan Aziddin sebagai sumber belajar IPS.

Metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian adalah sumber primer (disertai, tesis, jurnal, skripsi, hasil penelitian). Selain menggunakan sumber primer peneliti juga menggunakan sumber sekunder (wawancara).

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Biografi (gambaran kehidupan Yustan aziddin dari lahir, masa remaja, masa berkarya). 2) Nilai-nilai pendidikan di dalam biografi Yustan Aziddin ada 10 nilai (kerja keras, kreatif, disiplin, bersahabat, peduli sosial, mandiri, toleransi, patritisme, religious, dan tanggung jawab). 3) Nilai pendidikan di dalam biografi Yustan Aziddin di jadikan sebagai sumber belajar IPS, tetapi mereka hanya menyampaiakn secara lisan saja tentang konten lokal (secara umum). Sedangkan guru SMP Negeri 7 Banjarmasin, dia belum menggunakan sumber lokal sebagai sumber belajar IPS, tetapi ia ingin memulai untuk menggunakan sumber lokal sebagai sumber belajar IPS.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah Nilai-nilai pendidikan di dalam biografi Yustan Aziddin diintegrasikan sebagai sumber belajar IPS. Peneliti meiliki saran, untuk masyrakat agar lebih mengenal dan mengtahui sosok Yustan Aziddin dan juga untuk guru IPS seharusnya lebih banyak memiliki pengetahuan dan wawasan agar dapat memeberikan ilmu kepada peserta didik.

 

 

Kata kunci: Biografi, Nilai pendidikan Yustan Aziddin, Integrasi nilai di dalam biografi Yustan Aziddin sebagai sumber belajar Ilmu Pendidikan Sosial.”

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI