DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI KEBUTUHAN AIR BERSIH DI KABUPATEN KATINGAN
PENGARANG:JUNIOR ELIEZER
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-25


ABSTRAK

 

Kebutuhan akan air bersih di Kabupaten Katingan semakin tahun mengalami peningkatan karena beberapa faktor dimana salah satu faktornya yaitu faktor pertumbuhan penduduk yang meningkat dari tahun ke tahun. Penduduk di Kabupaten Katingan menggunakan fasilitas dari PDAM Katingan dan dari air tanah untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase pertumbuhan penduduk dari data jumlah penduduk Kabupaten Katingan selama 5 tahun, memproyeksikan persentase pertumbuhan pendudukKabupaten Katingan selama 20 tahun, menghitung kebutuhan air bersihKabupaten Katingan  hingga 20 tahun, membandingkan kapasitas intake yang ada dengan kebutuhan air di Kabupaten Katinganhingga 20 tahun, dan menganalisa kualitas air baku di tempat pengambilan air (intake) PDAM di Kabupaten Katingan.

Pada penelitian ini, perhitungan yang digunakan untuk memproyeksikan jumlah penduduk dari tahun 2018-2037 adalah metode aritmatik, metode geometrik, metode regresi linier, metode eksponensial dan metode logaritmik, dengan memperhatikan jumlah penduduk Kabupaten Katingan selama 5 tahun untuk memperkirakan pertumbuhan penduduk dimasa yang akan datang.Adapun metode yang memenuhi persyaratan kriteria adalah metode Aritmatik, metode ini diambil karena memiliki koefisien korelasi (R2) mendekati angka satu dan STD yang relatif kecil.

Hasil perhitungan didapat jumlah penduduk pada tahun 2018 adalah 167.858 jiwa, total kebutuhan air bersih pada tahun 2018 sebesar 243.836 L/dt, dan kapasitas intake yang sekarang sebesar 112,5 L/dt juga belum mampu memenuhi kebutuhan air bersih untuk seluruh penduduk di Kabupaten Katingan. Untuk mengetahui kualitas air bersih maka dilakukan pengujian di lapangan dengan memperhatikan beberapa parameter seperti suhu, pH, daya konduksi elektrik, kekeruhan, oksigen terlarut, jumlah zat padat terlarut dan salinitas. Dari hasil pengujian didapat air baku intake PDAM Kabupaten Katingan belum mampu memenuhi standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan Dan Persyaratan Kesehatan Air karena nilai pH dibawah standar maksimum.

 

 Kata kunci:Kebutuhan air bersih,Proyeksipenduduk,PDAM Kabupaten Katingan, Kapasitas intake, Kualitas air.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI