DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Bidang Pembangunan Ekonomi Melalui Pemberdayaan Masyarakat di Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru
PENGARANG:AGUS SUPRIYADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-27


INTISARI

            Penelitian ini adalah tentang efektivitas program corporate social Responsibility (CSR) PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Bidang pembangunan ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat di Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru. Latar belakang penelitian berdasarkan beberapa faktor, yaitu: pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan diatur dalam UU, PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Desa Tarjun merupakan satu-satunya parbrik PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. yang beroperasi di daerah Kalimantan Selatan, serta daerah operasi pabrik PT. Indocement Tarjun merupakan daerah dengan jumlah keluarga pra-sejahtera terbesar ke-4 di Kabupaten Kotabaru. Tujuan penelitian menganalisa efektivitas program corporate social responsibility (CSR) PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Bidang pembangunan ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat di Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru.

            Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan kata lain penelitian penjabaran angka-angka kedalam bentuk kalimat. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh masyarakat di Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru yang mendapatkan bantuan CSR PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari responden melalui teknik wawancara, kuesioner dan observasi serta data sekunder melalui studi dokumen yang digunakan untuk memperkuat hasil dari wawancara, kuesioner dan observasi.

            Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah tingkat efektivitas program CSR PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dilihat dari sub variabel dan hasil reratanya. Tujuan CSR memiliki nilai 71,75%, strategi CSR memiliki nilai 74%, kebijakan CSR memiliki nilai 71,66%, perencanaan program CSR memiliki nilai 76%, penyusunan program CSR memiliki nilai 74,5%, sarana dan prasarana memiliki nilai 72,75%, dan pengawasan CSR memiliki nilai 73%. Rerata dari sub Variabel senilai 73,27% artinya masuk kedalam klasifikasi efektiv.

Kata kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), Efektivitas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI