DIGITAL LIBRARY



JUDUL: PERSEPSI KONSUMENUSIAMUDA TERHADAPBUAH TIMUNSURI DI KOTABANJARBARU
PENGARANG:RIZKI LAURINAYUDIS PRATAMA
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2017-11-14


RIZKI LAURINAYUDIS PRATAMA.Persepsi KonsumenUsiaMuda

TerhadapBuahTimunSuri di KotaBanjarbaru,dibimbingolehDjokoSantoso dan Hj.Mariani.

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui persepsi konsumen khususnya konsumen usia muda, terhadap buah timun suri, mengetahui mengapa buah timun suri hanya banyak terdapat pada saat bulan ramadhan dan mengetahui atribut yangmenjadi dasardalam keputusanpembelianbuahtimunsuri.Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat, Jalan Ahmad Yani Km. 36, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, data primer merupakan data yang diperoleh langsung dari responden dengan menggunakan kuesioner yang telah disiapkan sebelumnya, data sekunder yang digunakan pada penelitian ini diperoleh melalui literature yang berhubungan dengan topik penelitian yang bersumberpada buku-buku,hasil penelitiansebelumnya dandatapendukung yang berhubungan dengan penelitian. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Agribisnis semester angkatan 2013 di Fakultas Pertanian. Berdasarkan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10% diperoleh jumlah sampel sebanyak 55 responden. Metode pengambilan sampel

menggunakanConvenience Samplingdengan teknikConvience Group Sampling

(pengambilan sampel secara kebetulan).Convience Group Samplingadalah

memilih sampel berdasarkan kebetulan saja, yangmana bersedia dan mau menjadi responden dan berada di Fakultas Pertanian. Analisis data yang di gunakan adalah analisis deskriptifdengan alat statistiksederhana yaitu uji chi kuadrat.

 

 Berdasarkan hasil uji chi kuadrat (chi square) bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara musim (bulan ramadhan dan selain bulan ramadhan) terhadap keputusan pembelian buah timun suri, maka dapat dikatakan bahwa faktor budaya atau religi bukan menjadi pertimbangan dalam keputusan pembelian buah timun suri, dengan demikian faktor ketersediaan buah timun suri merupakan alternatif dalam pertimbangan yang di perhatikan oleh konsumen dalam keputusan pembelian buah timun suri, konsumen atau responden akan mencari atau membeli jika buah timun suri tersedia bukan hanya di bulan ramadhansajatetapi juga tersediadi bulan-bulan lainselainbulanramadhan. Adapunsaran yangdi berikanterhadappenelitianini adalah:

 Untuk penyuluh pertanian agar menjadi penghubung informasi dengan menggiatkan penyuluhan tentang budidaya buah timun suri karena buah timun suri bukan hanya di cari di bulan ramadhan saja melainkan di bulan - bulan lain selain bulan ramadhan oleh konsumen, bagi petani buah timun suri menanam buah timun suri di luar bulan ramadhan bisa mendatangkan pendapatan tambahan dengan menanam dan menjual buah timun suri dengan budidaya yangrelatifmudah.

 Untuk para pelaku usaha, di karenakan banyak konsumen yang menyukai buah timun suri agar dapat mencari peluang usaha dari buah timun suri, mengingat buah timun suri dapat di jadikan berbagai macam olahan seperti sirupbuahtimunsuri,kripikbuahtimunsuri,pudingbuahtimunsuri,dll.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI