DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BANK SAMPAH MODEL DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BARITO UTARA
PENGARANG:MEIDIYANTI ARUSBI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-27


ABSTRAK

 

Meidiyanti Arusbi, S.E. 1720421320021, Implementasi Kebijakan Bank Sampah Model Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Utara, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Lambung Mangkurat, dengan Dosen Pembimbing I Bapak Dr. Budi Suryadi, S.Sos., M.Si dan Dosen Pembimbing II Bapak Dr. Jamaluddin, M.Si.

Bank Sampah Model Dinas Lingkungan Hidup Kab. Barut adalah satu-satunya bank sampah yang dimiliki oleh Kabupaten Barito Utara berada di bawah pengawasan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Barito Utara. Bank Sampah ini didirikan sebagai salah satu wujud pelaksanaan program dari Jakstrada (Kebijakan Strategi Daerah) yang ditetapkan Pemerintah Daerah dan merupakan turunan dari Jakstranas (Kebijakan Strategi Nasional) yang dicanangkan Pemerintah Pusat dengan tujuan menjadi salah satu solusi untuk menanggulangi meningkatnya timbunan sampah. Proses implementasi dalam menjalankan pengelolaan bank sampah sangat berpengaruh pada suksesnya suatu kebijakan.

Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori kebijakan implementasi George C. Edward III, dimana dalam implementasi kebijakan ada 4 (empat) faktor yang mempengaruhinya yaitu : komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi dilihat dari faktor yang mempengaruhinya yaitu komunikasi, disposisi dan struktur birokrasi tidak berjalan optimal, hal ini  dikarenakan kendalanya pada faktor sumber daya dimana masih membutuhkan tambahan staf, fasilitas dan finansial (anggaran operasional).

Sarannya adalah perlu adanya perhatian lebih dari Pemerintah Daerah dalam membantu mengatasi minimnya anggaran yang dapat dialokasikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kab. Barito Utara untuk operasional bank sampah, menambah personil dan armada angkutan.

 

Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Bank Sampah Model

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI