DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SISTEM PERPAJAKAN, KEADILAN, DISKRIMINASI DAN TEKNOLOGI PERPAJAKAN TERHADAP PERSEPSI WAJIB PAJAK MENGENAI ETIKA ATAS TAX EVASION (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Badan Yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Banjarmasin Utara Dan Selatan)
PENGARANG:YESSI SUCI RISDAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-27


ABSTRAKSI

Yessi Suci R, (2019) Pengaruh Sistem Perpajakan, Keadilan, Diskriminasi Dan Teknologi Perpajakan Terhadap Persepsi Wajib Pajak Mengenai Etika Atas Tax Evasion (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Badan Yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Banjarmasin Utara Dan Selatan).

Pembimbing: Yohana Yustika Sari.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh sistem perpajakan, keadilan, diskriminasi dan teknologi perpajakan terhadap persepsi Wajib Pajak mengenai etika atas tax evasion. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah sistem perpajakan, keadilan, diskriminasi dan teknologi perpajakan. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi Wajib Pajak mengenai etika atas tax evasion.

Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Wajib Pajak Badan yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Banjarmasin Utara dan Selatan. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode convenience sampling dan memperoleh sampel sebanyak 100 Wajib Pajak Badan berdasarkan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskriminasi dan teknologi perpajakan berpengaruh terhadap persepsi Wajib Pajak mengenai etika atas tax evasion sedangkan sistem perpajakan dan keadilan tidak berpengaruh terhadap persepsi Wajib Pajak mengenai etika atas tax evasion. Koefisien Determinasi sebesar 0,134 yang berarti 13,4% persepsi Wajib Pajak mengenai etika atas tax evasion dipengaruhi oleh variabel-variabel tersebut, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain. Hasil ini menunjukkan masih banyak variabel di luar penelitian yang dapat menjelaskan persepsi Wajib Pajak mengenai etika atas tax evasion.

 

Kata Kunci: Sistem Perpajakan, Keadilan, Diskriminasi, Persepsi Wajib Pajak Mengenai Etika Atas Tax Evasion.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI