DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI-NILAI KESADARAN TERHADAP LINGKUNGAN MELALUI BIOGRAFI IR. P.M. NOOR SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMPN 5 BANJARMASIN
PENGARANG:Ayu Budiyanti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-27


ABSTRAK

 

Ayu Budiyanti. 2018. Nilai-nilai Kesadaran Terhadap Lingkungan Melalui

Biografi Ir. P. M Noor Sebagai Sumber Belajar IPS di SMPN 5 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Herry Porda Nugroho Putro, M.Pd. (II) Melly Agustina Permatasari, M.Pd.

Kesadaran Lingkungan adalah usaha yang melibatkan setiap warga negara dalam menumbuhkan dan membina kesadaran untuk melestarikan lingkungan.Manusia sangat bergantung pada lingkungan alam semesta. Peserta didik yang masih kurang akan pemahaman lingkungan dan tidak mau menjaga lingkungan sekitarnya. Hal ini perlunya kita ajarkan melalui pendidikan kepada peserta didik pemahaman tentang kesadaran terhadap lingkungan. Melalui biografi Ir. Pangeran Mohamad Noor adanya nilai kesadaran yang dimiliki beliau patut kita jadikan sumber belajar IPS agar peserta didik mendapatkan pemahaman tentang nilai kesadaran terhadap lingkungan.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjadikan nilai kesadaran terhadap lingkungan biografi Ir. H. Pangeran Mohamad Noor sebagai sumber belajar IPS di SMP Negeri 5 dan untuk mengetahui relevansi penelitian ini untuk dijadikan sumber belajar IPS.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru IPS di SMP Negeri 5 Banjarmasin, ahli sejarah dan ketua administrasi PLTA Riam Kanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ini berupa pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verification. Adapun teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan biografi Ir. P. M. Noor, nilai kesadaran terhadap lingkungan yang dimiliki oleh Ir. P. M Noor terdapat 3 yaitu: Nilai Kerja Keras, Nilai Peduli Lingkungan, dan Nilai Tanggung Jawab. Nilai tersebut dapat dijadikan sumber belajar IPS agar peserta didik mendapatkan pemahaman tentang lingkungan dengan melalui Ir. P. M Noor.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan nilai kesadaran terhadap lingkungan melalui biografi Ir. Pangeran Mohamad Noor relevan untuk dijadikan sumber belajar IPS di SMP Negeri 5 Banjarmasin dengan Guru menganalisis RPP terlebih dahulu dan memasukkan nilai tersebut ke dalam pembelajaran IPS sebagai sumber belajar IPS.

 

 

Kata Kunci: Kesadaran Lingkungan, Biografi Ir. P. M. Noor, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI