DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN ALAT TRADISIONAL RANGGAMAN PADA MASYARAKAT PETANI DI DESA SUNGAI PUNGGU LAMA KECAMATAN ANJIR MUARA KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:Dessaira Karnista Yanti Mendrofa
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-28


ABSTRAK

DessairaK.Y.Mendrofa, 2019. Penggunaan Alat Tradisional Ranggaman Pada Masyarakat Petani di Desa Sungai Punggu Lama Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Alfisyah Pembimbing (II) Syahlan Mattiro

Kata Kunci:Penggunaan, Alat, Ranggaman

Penggunaan alat tradisional ranggaman untuk memanen merupakan suatu kebiasaan yang didapatkan oleh para petani di desa Sungai Punggu Lama Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala secara turun temurun dari orang tua mereka terdahulu. Ranggaman adalah alat tradisional yang digunakan oleh para petani untuk memotong batang padi ketika akan memanen padi disawah. Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Alasan masyarakat masih menggunakan alat tradisional ranggaman di desa Sungai Punggu Lama Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala (2) Pewarisan alat tradisional ranggaman di desa Sungai Punggu Lama KecamatanAnjirMuaraKabupaten Barito Kuala.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang dipilih yaitu secara snowball sampling dengan informan kunci yaitu ibu Ratna dan 5 (lima) orang petani lainnya yang juga sebagai informan.  Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi yaitu dari bulan Mei 2018 sampai dengan November 2018, wawancara dilakukan dengan 6 (enam) orang informan yaitu Ratna, Sitah, Hatni, Mashat, Tarmizi dan Mizan dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan langkah-langkah reduksi data, display danverifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Alasan masyarakat desa Sungai Punggu Lama Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala masih menggunakan ranggaman yaitu: Akseslokasi yang sulitdijangkau alat modern, proses panen lebih rapi, kelebihan ranggaman (lebih menguasai, mudah digunakan, praktis) dan upah petani lebih besar. (2) Pewarisan alat tradisional ranggaman di desa Sungai Punggu Lama Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala yaitu: membuat alat tradisional Ranggaman, menjual alat tradisional Ranggaman, mengajarkan penggunaan alat tradisional ranggaman. Penggunaan alat tradisional ranggaman terbentuk dari proses belajar yang merupakan bagian dari usaha pemenuhan kebutuhan masyarakat petani setempat.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada pemerintah dan Dinas Pertanian supaya lebih meningkatkan dan memperhatikan petani khususnya agar alat tradisional ranggaman yang sudah digunakan oleh para petani secara turun temurun untuk memanen tersebut dilestarikan lagi agar tidak punah tergantikan oleh alat modern pertanian lainnya.Kemudian untuk masyarakat supaya tetap melestarikan alat panen tradisional ranggaman dan tetap harus mewariskan kegenerasi berikutnya dengan cara diajarkan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI