DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA PELESTARIAN KESENIAN BAGONDANG DI DESA BALAI RIAM KECAMATAN BALAI KABUPATEN SUKAMARA KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:ARGHA DWI MULYAMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-28


 

ABSTRAK

 

Mulyami, Argha Dwi. 2019. Upaya Pelestarian Kesenian Bagondang di Desa Balai Riam Kecamatan Balai Kabupaten Sukamara Kalimantan Tengah Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjramasin, Pembimbing I. Dewi Alfianti, M.Pd. Pembimbing II. Muhammad Najamudin, M.Pd.

 

 

 

Kata Kunci : Upaya, Pelestarian, Kesenian Bagondang.

 

 

 

Masalah penelitian ini adalah bagaimana Upaya Pelesatarian Kesenian Bagondang di Desa Balai Riam Kecamatan Balai Kabupaten Sukamara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana upaya mempertahankan, mengembangkan, dan menyebarluaskan kesenian bagondang di Desa Balai Riam Kecamatan Balai Kabupaten Sukamara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripstif, adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah ketua adat sebanyak 1 orang, anggota kesenian bagondang 2 orang, dan warga Balai Riam 1 orang. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yakni pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

 

 

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tujuan pelestarian kesenian bagondang di desa Balai Riam adalah untuk mempertahankan, mengembangkan dan menyebarluaskan warisan budaya nenek moyang mereka agar tidak hilang dan pudar seiring perkembangan zaman serta mengedukasikan kepada generasi mudanya agar memahami prosesi kesenian bagondang secara benar dan tidak menyimpang dari tata cara yang telah diwariskan oleh para leluhur mereka dikarenakan kesenian bagondang merupakan tradisi yang sakral hingga sekarang. 2) Upaya pelestarian kesenian bagondang di desa Balai Riam sudah cukup baik (maksimal), hal itu dibuktikan dengan peran aktif mereka berpartisipasi menampilakan kesenian bagondang tersebut pada setiap pergelaran seni dan budaya daerah, dan pementasan kesenian bagondang di desa Balai Riam ini sudah menjadi agenda tetap dalam pesta adat dan budaya di desa balai Riam.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI