DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perancangan Desain Gempa Berbasis Kinerja (Performance Based Design) Pada Bangunan Bertingkat Delapan di Surabaya
PENGARANG:AMALIA NOORLAIL RAHMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-28


PERANCANGAN DESAIN GEMPA BERBASIS KINERJA (PERFORMANCE BASED DESIGN) PADA BANGUNAN BERTINGKAT DELAPAN DI SURABAYA

 

Amalia Noorlaily Rahma1, Arie Febry Fardheny2, Nursiah Chairunnisa2

1Mahasiswa, S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat

2Dosen, S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat

Email: amalianoorlailyrahma@gmail.com

 

ABSTRAK

 

Umumnya saat gempa terjadi bangunan mengalami perpindahan pada bagian atas yang diakibatkan gaya gempa tersebut. Meskipun getaran yang diberikan setelah gempa tidak sebesar dengan saat gempa itu terjadi namun hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan bangunan bertambah walaupun saat gempa berlangsung bangunan masih berdiri (tidak runtuh). Karenanya setiap infrastruktur gedung maupun non-gedung harus dirancang mampu menanggung gaya gempa yang besar. Perancangan ini bertujuan untuk dapat merancang struktur tahan gempa sesuai peraturan desain gempa dan mengetahui batas limit kinerja struktur.

Perancangan ini direncanakan pada gedung perpustakaan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya bertingkat delapan lantai yang terdiri dari analisa struktur dan pushover analysis. Perhitungan beban gempa mengacu pada SNI 1726:2012, untuk pembebanan struktur mengacu pada SNI 1727:2013 dan ASCE 7-10, serta untuk perancangan desain strukturmengacu pada SNI 2847:2013. Komponen struktur merupakan beton bertulang dengan Fc’ 30 MPa dan Fy 400 Mpa. Dalam perencanaan ini, sistem struktur yang digunakan adalah sistem ganda.

Bangunan direncanakan untuk tingkat kinerja Life Safety (LS) dengan roof drift ratio sebesar 0.02. Berdasarkan hasil perancangan didapatkan nilai roof drift ratio Push X sebesar 0.002 dan Push Y sebesar 0.003sehingga tingkat kinerja struktur adalah Immediate Occupancy (IO). Gaya geser pada Push X sebesar 35120.394 kN dengan nilai simpangan sepanjang 0.053 m dan gaya geser Push Y sebesar 37363.221 kN dengan nilai simpangan sepanjang 0.071 m. Nilai prosentase kinerja struktur Push X adalah 439.5 % dan prosentase pada Push Y adalah 463.1 %.

 

Kata kunci: gempa, pushover analysis, tingkat kinerja struktur.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI