DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING MATERI GERAK DASAR MELOMPAT PADA PESERTA DIDIK KELAS I (SATU) SDN SUNGAI GARUDA KECAMATAN MARTAPURA BARAT
PENGARANG:TAUFIK RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-29


Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar gerak dasar melompat yang disebabkan oleh kurang tepatnya penggunaan metode pembelajaran  oleh guru  didalam  pembelajaran sehingga peserta didik menjadi kurang berminat dan mengalami kesulitan dalam pembelajaran tersebut.
Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  meningkatkan hasil pembelajaran gerak dasar melompat melalui pendekatan tim pesrta didik Metode Discovery Learning Di SDN Rantau Bekula Pada Peserta Didik Kelas I (Satu) SDN Sungai Garuda Kecamatan Martapura Barat Kabupaten Banjar. Metode yang digunakan dalam penelitian  ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu penelitian dalam  bentuk reflektif. Pengamatan pada waktu proses belajar mengajar berlangsung dan analisis data dilakukan berdasarkan pengamatan oleh supervisor.
Subjek  penelitian ini adalah  peserta didik kelas I (satu) di SDN Sungai Garuda Kecamatan Martapura Barat Kabupaten Banjar Tahun  ajaran 2018/20198. Jumlah  peserta didik yang  dijadikan subjek penelitian sebanyak 20 orang  terdiri dari 11 peserta didik putra dan 9 peserta didik putri. Proses peningkatan kemampuan dan hasil belajar pada materi jalan dan lari sesudah diterapkan metode pembelajaran tim siswa mengalami peningkatan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa hasil penilaian kemampuan peserta didik menunjukkan peningkatan kemampuan peserta didik ditunjukkan dari hasil penilaian pengamatan awal 63,35 (kurang), pertemuan Siklus I (satu) 68 (cukup) dan pertemuan siklus II (dua) 84,95 (sangat baik).
Kata kunci   : keterampilan gerak dasar melompat dan Kooperatif Discovery Learning

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI