DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN DISMENORE DENGAN AKTIVITAS BELAJAR REMAJA PUTRI SMP DARUL HIJRAH PUTRI MARTAPURA
PENGARANG:PUTRI YUSPITA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-29


ABSTRAK

HUBUNGAN DISMENORE DENGAN AKTIVITAS BELAJAR REMAJA PUTRI SMP DARUL HIJRAH PUTRI MARTAPURA

 

Sari, Putri Yuspita

 

Latar Belakang: Masa remaja merupakan salah satu tahap perkembangan yang ditandai masa pubertas pada perempuan yaitu menstruasi. Saat menjelang menstruasi dan saat menstruasi terjadi, biasanya perempuan mengalami nyeri menstruasi yang disebut dismenore. Dismenore dapat berdampak bagi seorang remaja putri karena dapat menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari khususnya aktivitas belajar disekolah.

Metode: Penelitian ini bersifat korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah remaja putri SMP Darul Hijrah Putri Martapura. Pengambilan sampel dengan teknik probability sampling dengan jenis stratified random sampling sebanyak 229 remaja putri. Data dianalisis menggunakan uji fisher exact. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner

Hasil: Tidak terdapat hubungan antara dismenore dengan aktivitas belajar remaja putri SMP Darul Hijrah Putri Martapura (p Value=0,137, α=0,05).

Diskusi: Faktor yang mempengaruhi aktivitas belajar, salah satunya faktor biologis (dismenore) yang termasuk dalam faktor internal tidak dapat menjadi faktor tunggal penyebab terganggunya aktivitas belajar pada remaja putri.

 

Kata Kunci : Dismenore, Aktivitas Belajar, Remaja Putri.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI