DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELAYANAN PUBLIK PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB) PADA KANTOR BADAN PENGELOLA PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN BARITO UTARA
PENGARANG:ISWAN WAHYUDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-30


ABSTRAK

 

Iswan Wahyudi,172041310018, 2019 Pelayanan Publik  Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Pada Kantor Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabupaten Barito Utara,  dengan dosen Pembimbing I Bapak Dr. Budi Suryadi,S.Sos.,M.Si. dan dosen Pembimbing II Bapak dan Dr. Jamaluddin, M.Si.

 

Pada dasarnya setiap manusia membutuhkan pelayanan, karena pelayanan tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia. Dalam hubungan masyarakat dengan pemerintah masyarakat selalu setiap waktu akan menuntut pelayanan publik yang berkualitas dari aparat pemerintah (birokrat), meskipun tuntutan itu sering kali tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Sudah menjadi rahasia umum saat ini bahwa pelayanan pemerintah terkesan dengan birokrasi yang berbelit belit.

 

Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data  dibagi dalam dua data yaitu (1) data Primer seperti hasil wawancara, pengamatan langsung di lapangan (2) data sekunder berupa mengkaji literatur buku, Laporan dan dokumen resmi yang dikumpulkan dengan teknik analisis data model miles dan huberman  secara kualitatif agar dapat menghasilkan data yang bersifat deskriptif.

 

Dari hasil penelitian yang dilakukan pada Kantor Badan Pengelola Pendapatan Barito Utara bidang Pajak Bumi Dan Bangunan ditemukan hasil bahwa pelayanan publik pajak bumi dan Bangunan masih perlu untuk ditingkatkan terutama pada indikator Kompetensi dan ketepatan waktu pelayanan.

 

Demi meningkatkan pelayanan publik disarankan pada Kantor Badan Pengelola Pendapatan Kabupaten Barito Utara khususnya bidang Pajak Bumi dan Bangunan agar bisa memberikan pada aparat untuk mengembangkan kompetensi diri aparat, menambah jumlah aparat yang memang memiliki kompetensi di bidangnya terutama tenaga ahli perpajakan dan tenaga ahli Komputer melalui jalur penerimaan Pegawai Negeri Sipil dengan instansi terkait di barito utara.

 

Kata Kunci : Pelayanan Publik, Pajak Bumi  Dan Bangunan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI