DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM ”BATAPUNG TAWAR” DALAM PENYERAPAN ASPIRASI MASYARAKAT DI KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMMAD AZWAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-30


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Program Batapung Tawar dalam Penyerapan Aspirasi Masyarakat di Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan dan mengetahui Faktor Penghambat Implementasi Kebijakan Pada Program Batapung Tawar dalam Penyerapan Aspirasi Masyarakat di Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu yang menggunakan pendekatan kebermaknaan dan menjelaskan apa yang terjadi di lapangan tentang masalah yang dihadapi. Cara ini dilakukan untuk mengungkapkan pemasalahan tentang Implementasi Kebijakan Program Batapung Tawar dan Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus. Adapun informan tersebut adalah Bupati, Kepala DPMD, Camat, Kepala Desa dan masyarakat. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan interakif kualitatif yaitu berusaha mengembangkan dengan bertanya secara langsung dari hasil penelitian dan menelaah dari data yang ditemukan di lapangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Program Batapung Tawar dalam Penyerapan Aspirasi Masyarakat di Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan dari segi komunikasi,kurang optimal dan sumber daya masih kurang terutama yang hubungannya dengan sumber daya manusia dalam pelaksanaan batapung tawar.Jadwal yang berubah dan pemahaman masyarakat yang kurang makna batapung tawar bahwa program ini dapat menambah keakraban masyarakat dengan SKPD di daerah kabupaten Tanah Laut dan dapat menyerap aspirasi masyarakat secar langsung. SKPD bertanggungjawab menjelaskan Program Batapung Tawar kepada masyarakat agar mereka lebih paham tentang program tersebut. PenghambatImplementasi Kebijakan Pada Program Batapung Tawar dalam Penyerapan Aspirasi Masyarakat di Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan adalah informasi yang kurang optimal, dukungan dana dimana dana yang dianggarkan sering dirasa kurang dan pembagian potensi masih kurang.

 

Kata Kunci:  Implementasi Kebijakan,  Batapung Tawar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI