DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA MELALUI KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN ANJIR MUARA KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:NOOR BAITI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-30


ABSTRAK

 

Baiti, Noor. 2019. Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Status Sosial Ekonomi Keluarga melalui Komunikasi Orangtua terhadap Kemampuan Bahasa Anak di TK Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala. Tesis Program Magister Pendidikan Guru PAUD Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd. (II) Prof. Dr. H. Wahyu, M.S.

 

Kata kunci : Kemampuan Bahasa Anak, Pola Asuh Orang Tua, Status Sosial  Ekonomi Keluarga, Komunikasi Orangtua

 

Kemampuan berbahasa merupakan alat komunikasi yang penting bagi setiap orang. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak antara lain pola asuh dan komunikasi orangtua, terutama ibu yang membimbing, mengasuh, melatih dan memberikan contoh berbahasa kepada anaknya. Komunikasi yang sehat dan baik antara orangtua dan anak, didukung dengan keadaan sosial ekonomi yang menunjang dapat memfasilitasi perkembangan bahasa anak menjadi lebih baik, sedangkan hubungan yang tidak sehat dan kurangnya fasilitas mengakibatkan anak mengalami kesulitan dan keterlambatan dalam perkembangan bahasa anak.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hubungan pola asuh orangtua dan status sosial ekonomi keluarga melalui komunikasi orangtua terhadap kemampuan bahasa anak di TK Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 300 orang anak dari status sosial ekonomi dan pola asuh keluarga yang berbeda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 173 orangdengan menggunakan teknik proportionaterandom sampling.Pengumpulan data menggunakan metode angket dan observasi.Pengujian hipotesis menggunakan Path Analysis.

Hasil penelitian menunjukkan: (1)terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap komunikasi orang tua; (2)terdapat hubungan positif dan signifikan antara status sosial ekonomi keluarga terhadap komunikasi orang tua; (3)terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap kemampuan bahasa anak; (4)terdapat hubungan positif dan signifikan antara status sosial ekonomi keluarga terhadap kemampuan bahasa anak; (5) terdapat hubungan positif dan signifikan antara komunikasi orang tua terhadap kemampuan bahasa anak; (6) terdapat hubungan tidak langsung positif dan signifikan antara pola asuh orang tua melalui komunikasi orang tua terhadap kemampuan bahasa anak;(7) terdapat hubungan tidak langsung positif dan signifikan antara status sosial ekonomi keluarga melalui komunikasi orang tua terhadap kemampuan bahasa anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI