DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PEKERJAAN ORANG TUA DENGAN POLA ASUH TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK GUGUS MELATI KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH
PENGARANG:LATIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-30


Latifah. 2019. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua dan Pekerjaan Orangtua dengan Pola Asuh terhadap Kemandirian Anak di TK Gugus Melati Kecamatan Banjarmasin Tengah. Tesis Program Magister Pendidikan Guru PAUD, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Wahyu, MS (2) Dr. H. Metroyadi, S.H, M.Pd

 

Kata Kunci: Tingkat Pendidikan Orangtua, Pekerjaan Orangtua, Pola Asuh, Kemandirian Anak

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan (1) Pengaruh tingkat pendidikan orang tua secara langsung terhadap pola asuh di TK Gugus Melati Kecamatan Banjarmasin Tengah. (2) Pengaruh pekerjaan orangtua secara langsung terhadap pola asuh di TK Gugus Melati Kecamatan Banjarmasin Tengah. (3) Pengaruh tingkat pendidikan orangtua secara langsung terhadap kemandirian anak di TK Gugus Melati Kecamatan Banjarmasin Tengah. (4) Pengaruh pekerjaan orangtua secara langsung terhadap kemandirian anak di TK Gugus Melati Kecamatan Banjarmasin Tengah. (5) Pengaruh pola asuh secara langsung terhadap kemandirian anak di TK Gugus Melati Kecamatan Banjarmasin Tengah. (6) Pengaruh tingkat pendidikan orangtua melalui pola asuh secara tidak langsung terhadap kemandirian anak di TK Gugus Melati Kecamatan Banjarmasin Tengah. (7) Pengaruh pekerjaan orangtua melalui pola asuh secara tidak langsung terhadap kemandirian anak di TK Gugus Melati Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Populasi dalam penelitian ini adalah orangtua dan anak di TK Gugus Melati Kecamatan Banjarmasin Tengah sebanyak 452 orangtua dan anak, dengan menggunakan teknik penarikan simple random sampling menggunakan rumus Slovindiperoleh sampel sebanyak 212 orang orangtua dan anak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan observasi. Pengolahan data dilakukan melalui bantuan komputer program IBM SPSS versi 24.0. Pengujian validitas menggunakan uji validitas isi, sedangkan teknik analisis data yangdipakai untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur.

Hasil penelitian: Ada pengaruh langsung  (1) Tingkat pendidikan orangtua terhadap pola asuh di TK Gugus Kecamatan Banjarmasin Tengah. (2) Pekerjaan orangtua terhadap pola asuh di TK Gugus Melati Kecamatan Banjarmasin Tengah. (3) Tingkat pendidikan orangtua terhadap kemandirian anak di TK Gugus Melati Kecamatan Banjarmasin Tengah. (4) Pekerjaan orangtua terhadap kemandirian anak di TK Gugus Melati Kecamatan Banjarasin Tengah. (5) Pola asuh terhadap kemandiran anak di TK Gugus Melati Kecamatan Banjarmasin Tengah. Tidak ada pengaruh tidak langsung (6) Tingkat pendidikan orangtua terhadap kemandirian anak melalui pola asuh di TK Gugus Melati Kecamatan Banjarmasin Tengah. (7) Pekerjaan orangtua terhadap kemandirian anak melalui pola asuh di TK Gugus Melati Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI