DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Upaya Meningkatkan Pengungkapan Diri Dalam Mengemukakan Pendapat Melalui Teknik Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas VIII-B Di SMP Negeri 9 Banjarmasin
PENGARANG:Herliana
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-30


ABSTRAK

Herliana. 2019. Upaya Meningkatkan Pengungkapan Diri Dalam Mengemukakan Pendapat Melalui Teknik Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas VIII B Di SMP Negeri 9 Banjarmasin. Pembimbing: (I) Sulistiyana, S.Pd., M.Pd (II) Dr. Ririanti Rachmayanie J, S. Psi., M. Pd.

Kata Kunci : Pengungkapan Diri, Diskusi Kelompok

Penelitian ini bertujuan meningkatkan pengungkapan diri melalui teknik diskusi kelompok pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 9 Banjarmasin. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru BK masih banyak siswa yang memilki pengungkapan diri rendah.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan. Populasi yaitu seluruh kelas VIII-B SMP Negeri 9 Banjarmasin berjumlah 31 siswa. Teknik penarikan sampel purposive sampling yaitu memilih sempel berdasarkan karakteristik tertentu yang dianggap sesuai dengan variable dan didapatkan sampel 4 siswa.

Hasil aktivitas peneliti mengalami peningkatan sampai kategori sangat baik. Kemudian pada aktivitas siswa mengalami peningkatan sampai kategori sangat aktif. Sedangkan terjadi peningkatan pengungkapan diri sampai kategori sangat berhasil.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI