DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN DAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DI TK KECAMATAN SAMBAS KALIMANTAN BARAT
PENGARANG:Hadisa Putri
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-30


ABSTRAK

Hadisa Putri. 2019. Pengaruh Tingkat Pendapatan dan Tingkat Pendidikan Dengan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak di TK Kecamatan Sambas Kalimantan Barat. Tesis, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D. (II) Dr. Erny Wahdini,.S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci:  Tingkat Pendapatan, Tingkat Pendidikan, Pola Asuh Orang Tua dan  Perilaku Sosial Anak.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) pengaruh tingkat pendapatan orang tua terhadap pola asuh, (2) pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap pola asuh, (3) pengaruh tingkat pendapatan orang tua secara langsung terhadap perilaku sosial anak, (4) pengaruh tingkat pendidikan orang tua secara langsung terhadap  perilaku sosial anak, (5) pengaruh pola asuh secara langsung terhadap perilaku sosial anak, (6) pengaruh tingkat pendapatan orang tua melalui pola asuh secara tidak langsung terhadap perilaku sosial anak dan (7) pengaruh tingkat pendidikan melalui pola asuh secara tidak langsung terhadap perilaku sosial anak.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan analisis jalur (path analysis). Sampel penelitian ini orang tua dan anak TK usia 5-6 tahun di TK Kecamatan Sambas Kalimantan Barat sebanyak 257 orang. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi dan observasi. Uji hipotesis menggunakan analisis deskriptif frequensi, uji regresi berganda, dan model analisis jalur.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) terdapat pengaruh tingkat pendapatan orang tua terhadap pola asuh sebesar 0.181, (2) terdapat pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap pola asuh sebesar 0.156, (3) terdapat pengaruh tingkat pendapatan orang tua terhadap perilaku sosial anak sebesar 0.156, (4) terdapat pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap  perilaku sosial anak sebesar 0.423, (5) terdapat pengaruh pola asuh terhadap perilaku sosial anak sebesar 0.115, (6) terdapat pengaruh tingkat pendapatan orang tua melalui pola asuh secara tidak langsung terhadap perilaku sosial sebesar 0.021, (7) terdapat pengaruh tingkat pendidikan melalui pola asuh secara tidak langsung terhadap perilaku sosial anak sebesar 0.018.

Sesuai dengan hasil penelitian disarankan (1) dengan adanya tingkat pendapatan orang tua tergolong lebih dari sedang maka sangat mudah bagi orang tua dalam menerapkan pola asuh secara demokratis diantaranya memberikan kelonggaran dalam peraturan, kesempatan mandiri, dan memberikan keterbukaan komunikasi, (2) perlu adanya komitmen orang tua untuk mengikuti program parenting yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten dan Sekolah untuk meningkatkan pengetahuan dalam pengansuhan anak meskipun sudah memiliki tingkat pendidikan yang tinggi, (3) orang tua perlu memberikan perhatian yang lebih meskipun tingkat pendapatan lebih dari sedang sebab akan berimplikasi terhadap kurang keharmonisan dalam menumbuhkan perilaku akrab dan dukungan sosial dengan anak, (4) perlu adanya pembiasaan menanamkan keteladanan yang baik di rumah meskipun tingkat pendidikan orang tua sudah tergolong menengah dan tinggi, (5) orang tua sebaiknya lebih mengoptimalkan peran keluarga dalam menerapkan pola asuh di rumah sehingga akan memberikan dampak perilaku sosial anak terbentuk dengan baik, (6) hendaknya orang tua dalam membentuk perilaku sosial anak harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan situasi perkembangan tanpa ada paksaan atau karena adanya hadiah meskipun tingkat pendapatan orang tua dalam kategori lebih dari sedang, dan (7) perlunya orang tua menambah pengetahuan lebih luas lagi untuk meningkatkan pemahaman pengansuhan anak dalam membantu perilaku sosial anak yang lebih baik lagi sehingga dengan adanya tingkat pendidikan yang dimiliki orang tua akan menjadi lebih mudah sebab sudah ada dasar ilmu yang dimiliki oleh orang tua.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI