DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN ASPEK KOGNITIF ANAK DALAM MENCOCOKKAN BILANGAN DENGAN LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DEMONSTRATION, MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELOMPOK B TK RA CITRA ISLAMI BANJARMASIN
PENGARANG:ASRUL HIDAYAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-31


ABSTRAK

Hidayat,Asrul.2019. Pengembangan Aspek Kognitif Anak dalam Mencocokkan Bilangan dengan Lambang Bilangan menggunakan Kombinasi Model Demonstration, Make a Match berbantuan Media Audio Visual di Kelompok  B TK RA Citra Islami Banjarmasin.Tesis Program Magister PG–PAUD Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sutarto Hadi, M.Si.,M.Sc. (2) Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd.,M.Pd.

 

Kata Kunci : Model Demonstration, Make a Match dan Media Audio Visual

 

Pendidikan anak usia dini menitik beratkan pada peletakan dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik. Pembelajaran yang dirasakan belum bervariasi, guru belum terbiasa menggunakan model pembelajaran sehingga kurang menarik minat anak untuk mendengarkan, anak-anak tidak fokus dan menjadi ribut, dan belum mampu menampilkan objek nyata yang menjadi topik pada bahasan tema yang dilaksanakan.

 Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan pengembangan kemampuan kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan menggunakan kombinasi model Demonstration, Make a Match berbantuan Media Audio Visual di kelompok B TK RA Citra Islami Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan anak kelompok B di TK RA Citra Islami Banjarmasin yang berada di Jalan Kelayan B Komplek 10 Gang H. Thaberi RT.13 Banjarmasin. Instrumen penelitian yang digunakan peneliti untuk mengambil data adalah observasi.

Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa aktivitas guru sudah terlaksana sesuai langkah-langkah yang sudah ditetapkan dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak mengalami peningkatan pada setiap siklus dengan kriteria sangat aktif. Pengembangan aspek kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan menggunakan kombinasi model Demonstration, Make a Match berbantuan Media Audio Visual di kelompok B TK RA Citra Islami Banjarmasin mengalami peningkatan dengan kriteria berkembang sangat baik.

Saran penelitian ini diharapkan sebagai pedoman dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Demonstration dikombinasikan Model Make a Match berbantuan Media Audio Visual dalam upaya memperbaiki mutu pembelajaran pada aspek kognitif dan memberi masukan bagi peneliti berikutnya untuk dapat meningkatkan kreativitas dalam melaksanakan proses penelitian.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI