DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penerapan Electronik Government Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palangka Raya
PENGARANG:YUNUS PRAJA PANJIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-31


Abstrak

Yunus Praja Panjika, NIM. D2B115013  Mahasiswa Program Magister Ilmu Pemerintahan Pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat. Menulis tesis dengan judul :  Penerapan Electronik Government  Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palangka Raya. Dosen Pembimbing : (1) Budi Suryadi  (2)  Mahyuni.

            Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan    penerapan Electronik Government  pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palangka Raya dalam meningkatkan Pengembangan Teknologi Informasi dalam mencapai pelayanan prima yang sesuai dengan Prinsip-Prinsip Good Governance yaitu palayanan yang reponsive, partisipatif, efektif, efisien, serta akuntabeldi bidang pelayanan perizinan  dan penanaman modal dalam lingkup Kota Palangka Raya.

Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif  dengan tipe penelitian kualitatif deskriptif  dan sumber data  berasal dari data primer dan data sekunder dan teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi atau pengumpulan dokumen pendukung. Untuk teknik analisis data peneliti melakukan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dari sumber data yang diperoleh. Sedangkan untuk pengujian keabsahan data peneliti melakukan triangulisasi yaitu membandingkan data dari hasil wawancara dan pengumpulan dokumen pendukung. Kemudian peneliti akan melakukan membercheck dimana peneliti melakukan pengujian data  dengan mengulang atau mnegecheck ulang data kepada pemberi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam upaya pengembangan teknologi informasi melalui program  penerapan Electronik Government yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palangka Raya dapat dikatakan sudah sesuai dengan Prinsip-Prinsip Good Governance. Hal tersebut dapat dilihat dari pengembangan teknologi informasi yang di lakukan  oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palangka Raya dimana penerapan Electronik Government  sudah  sampai pada tahap Web Presence dan Interaction yaitu Fasilitas yang di sediakan dalam Website ada memuat kontent  sarana informasi dan proses layanan pengaduan masyarakat online namun masih  belum sampai ketahap Transaction dan Transformation yaitu Fasilitas Website di kembangkan agar bisa memberikan layanan serta  melakukan proses transaksi dan Website semestinya dikembangkan untuk bisa terintegrasi lintas instansi pemerintah serta pemanfaatan teknologi yang ada oleh masyarakat masih belum maksimal .  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan faktor  yang menjadi penghambat dalam penerapan Electronik Goverment  pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palangka Raya yaitu tidak adanya program pelatihan peningkatan kualiatas SDM serta  keterbatasan  SDM (Sumber Daya Manusia) yang bisa melakukan pengembangan teknologi dan kurang nya dukungan anggaran untuk mengembangkan teknologi informasi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta tidak adanya program sosialisasi pemanfaatan teknologi kepada Masyarakat kota kota Palangka Raya.

            Untuk Kepala Dinas dan Kepala Bidang  di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palangka Raya haarapannya kedepannya dapat meningkatkan prioritas anggaran, mengembangkan aplikasi penerapan E-Government  ke aplikasi transaksi online dan layanan informasi yang terintegrasi lintas instansi  Pemerintah, merekrut tenaga ahli dibidang IT, memprogramkan kegiatan pelatihan pengembangan aplikasi kepada pegawai, serta memprogramkan program sosialisasi kepada masyarakat.

 

Kata Kunci : Electronik Government, Good Governance, Layanan Perizinan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI