DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penggunaan Teknologi Asisistif "Rice Cooker Alarm" Sebagai Upaya Meningkatkan Kemandirian Penyandang Tunanetra dalam Menanak Nasi
PENGARANG:R APIYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-10


 

ABSTRAK

 

 

 

Rapiyati. A1F115030. 2019. Penggunaan  Teknologi Asistif  Rice Cooker Alarm” sebagai upaya meningkatkan kemandirian Penyandang Tunanetra dalamMenanak Nasi. Skripsi Program S-1 Peendidikan Khusus. Jurusan Ilmu pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing 1: Dr. Imam Yuwono, M.Pd dan Pembimbing II: Monry Fraick Nicky Gillian R. S, M.Pd

 

 

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu penyandang tunanetra mengalami masalah dalam   hal menanak nasi. Terutama  membedakan apakah  nasi terseebut sudah matang atau belum. Hal ini berpengaruh apabila mereka sudah siap kembali ke  masyarakat karena mereka di tuntut agar dapat hidup mandiri dalam  melakukan kegiatan sehari-hari, termasuk dalam  hal menanak nasi.  Akan tetapi masih belum ada alat bantu yang bisa membedakan apakah  nasi terserbut sudah matang atau belum. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengatehui efektifitas  penggunaan teknologi asitif  rice cooker  alarm”  untuk penyandang tunanetra dalam menanak nasi di Panti Sosial Bina Netra Fajar Harapan Martapura. Kabupaten Banjar. Kalimantan Selatan.

 

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen kuasi, desain penelitian yang digunakan time series disight. penelitian ini dilakukan di  Panti Sosial Fajar Harapan, Martapura, Kal-Sel, dengan subjek penyandang tunanetra (low vision  berat).  Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.

 

 Berdasarkan hasil penelitian menujukkan  hasil tes kemampuan menanak nasi penyandang tunanetra  terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah  diberikan treatment menggunakan rice cooker alarm. Nilai pretest adalah O1=77%, O2=77%, dan O3=77%,  O4= 81%  dengan  rata-rata (mean) 78%.Setelah diberikan treatment  menggunakan rice cooker alarm  mendapatkan hasil pada post test yaituO5=100%, O6=100%, dan O7=100%, O8=100%. Dengan rata-rata (mean) pada post test 100%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa teknologi asisistif “rice cooker alarm” efektif digunakan sebagai upaya meningkatkan kemandirian  penyandang tunanetra dalam menanak nasi.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI