DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik pada Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Barito Utara
PENGARANG:MUJIBURRAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-11


Mujiburrahman, 1720421310025,Implementasi Kebijakan Keterbukaan  Informasi Publik  pada Dinas Komunikasi InformatikaDanPersandianKabupatenBarito  Utara dengan dosen pembimbing Bapak Dr. Budi Suryadi, S.Sos, M.Si, dan Bapak Drs. H. Setia Budhi Ph.D.

Disahkannya Undang – undang nomor 14 tahun 2010 tentang keterbukaan informasi publik adalah merupakan salah satu kado terbesar pemerintah untuk masyarakat Indonesia, melaui kebijakan UU KIP mengakibatkan  konsekuensi terhadap ketentuan hukum yang melindungi hak  warga negara atas informasi dan komunikasi.Humas Pemerintah mempunyai peran penting dalam membuka ruang bagi publik untuk mendapatkan akses informasi publik. Semua badan publik diwajibkan menjamin tersedianya informasi yang terbuka, transfaran, akuntabel  dan dapat diakses  secara  cepat,  tepat waktu,  tepat guna,  biaya ringan dan  cara sederhana. Namun untuk mewujudkan hal tersebut Diskominfosandi Barito Utara di tengah keterbatasan sumber daya manusia dan minimnya sarana prasarana berusaha untuk mewujudkannya.  Dengan semangat Iya  Mulik Bengkang Turan ( Pantang Mundur Sebelum Berhasil) dan di dukung pemerintah  serta seluruh elemen masyarakat Diskominfosandi berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk publik.

Untuk  mencapai tujuan yang dinginkan dalam penelitian ini maka metode yang digunakan  adalah pendekatan kualitatif penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif  dan cenderung menggunakan analisis  karena penelitian ini bertujuan  menemukan,  memahami,  menjelaskan dan memperoleh data dan fakta dilapangan.

Berdsasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Kebijakan Keterbukaan  Informasi Publik  pada Dinas Komunikasi Informatika Dan Persandian Kabupaten Barito  Utara adalah belum optimal karena keterbatasan sarana dan prasarana serta minimnya sumber daya manusia.

Dari penelitian ini diharapkan  Dinas Kominfosandi Barito Utara biasa meningkatkan sarana dan prasarana kehumasan dan peningkatan sumber daya manusia aparatur pelaksana teknis.

 

Kata Kunci :  Implementasi, Kebijakan, Keterbukaan, Informasi, Komunikasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI