DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual di Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Banjarbaru
PENGARANG:ERWAN SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-11


ABSTRAKSI

 

Erwan Saputra, (2018). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual di Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Banjarbaru. (Dosen Pembimbing: Dr. Wahyudin Nor, SE, M.Si, Ak, CA dan Hamdani,SE,M.Si, Ak, CA )

 

 

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi penerapan akuntansi berbasis akrual, serta bagaimana pengaruhnya terhadap penerapan akuntansi berbasi akrual di dinas kesehatan pemerintah kota Banjarbaru.

 

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah pihak – pihak yang berkaitan langsung terhadap penerapan akuntansi berbasis akrual di dinas kesehatan pemerintah kota banjarbaru dan sampel menggunakan teknik sampel acak yang besaran sampel ditentukan dengan rumus slovin. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, yang terdiri dari variabel 1 komitmen, variabel 2 sumber daya manusia, variabel 3 komunikasi, variabel 4 gaya kepemimpinan, variabel 5 ,motivasi dan budaya, variabel 6 sarana pendukung, dan variabel 7 regulasi.

 

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa dari 7 hipotesis yang diajukan terdapat 5 hipotesis yang tidak diterima dan 2 hipotesis yang diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen, sumber daya manusia, komunikasi, gaya kepemimpinan, dan regulasi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penerapan akuntansi berbasis akrual sedangkan motivasi dan budaya serta sarana pendukung mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penerapan akuntansi berbasis akrual di dinas kesehatan pemerintah kota banjarbaru.

 

 

Kata kunci       : Akuntansi berbasis akrual, komitmen, SDM, komunikasi, gaya kepemimpinan,

  motivasi dan budaya, sarana pendukung, regulasi

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI