DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SINERGITAS PEMERINTAH DESA DAN PERUSAHAAN PT. SUPRABARI MAPANINDO MINERAL (SMM) PADA PENERAPAN CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) DI DESA LEMO KABUPATEN BARITO UTARA
PENGARANG:YOYOK DWI WICAKSONO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-12


ABSTRAK

Yoyok Dwi Wicaksono, NIM 1720421310042, Sinergitas Pemerintah Desa Dan Perusahaan PT. Suprabari Mapanindo Mineral (SMM) Pada Penerapan Csr (Corporate Social Responsibility) di Desa Lemo Kabupaten Barito Utara. Bersama dosen, Drs. H. Setia Budi, Ph.D dan Dr. Budi Suryadi S.Sos., M.Si.

Sinergi adalah kombinasi antara berbagai pihak yang mampu bekerja bersama dan mendapat manfaat melalui koordinasi dan komunikasi yang baik serta memiliki kesamaan pandangan dan rasa saling menghormati antara kedua pihak.

Penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui observasi mendalam dan wawancara dengan informan dalam penelitian ini, terdapat 3 (tiga) informan kunci Manajer CSR (Corporate Social Responsibility) Manajer, Kepala Desa dan Warga Lemo.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan CSR, PT. Suprabari Mapanindo Mineral (SMM) dan Pemerintah Desa Lemo I memiliki banyak program yang telah disinergikan. Dan antara kedua belah pihak ada juga kolaborasi kreatif di bidang yang telah disinergikan. Program-program yang bisa dikatakan adalah sinergi antara PT. SMM dan Pemerintah Desa Lemo I adalah program ekonomi dan pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesejahteraan sosial, kesehatan, olahraga, dan pemuda. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah meningkatkan kolaborasi antara Pemerintah Desa dan Perusahaan dalam program lain yang lebih kreatif dan inovatif sehingga ruang lingkup CSR lebih luas.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI