DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MODEL PERENCANAAN RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH (RPJMD 2013-2018) DALAM ERA OTONOMI DAERAH DI KABUPATEN KAPUAS
PENGARANG:ZUNAN NASUTION
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-12


ABSTRAK

 

Zunan Nasution, 1720421310047, 2017, Model Perencanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD 2013-2018) Dalam Era Otonomi Daerah di Kabupaten Kapuas. Dibawah bimbingan Setia Budhi dan Budi Suryadi.

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model perencanaan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2018 dalam era otonomi daerah di Kabupaten Kapuas dan kendala dalam model perencanaan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2018 dalam era otonomi daerah di Kabupaten Kapuas.

Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode penelitian berlandaskan pada filsafat positifisme atau enterpretatif yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah, dimana peneliti adalah instrumen kunci. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triagulasi (gabungan observasi, wawancara, dokumentasi). Data yang diperoleh cenderung kualitatif, analisa data bersifat deskriptif/kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mengetahui hal-hal yang tersembunyi atau belum jelas mengenai model perencanaan dokumen RPJMD tahun 2013-2018 dalam era otonomi daerah serta kendala yang dihadapi model perencanaan dokumen RPJMD 2013-2018 Kabupaten Kapuas. Informan penelitian terdiri dari 2 orang mantan pegawai Bappeda dan 2  pegawai yang masih aktif di Bappeda Kabupaten Kapuas.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa model perencanaan dokumen RPJMD 2013-2018 Kabupaten Kapuas terdiri dari 12 komponen sebagaimana disampaikan oleh Sjafrizal. Komponen RPJMD Kabupaten Kapuas tersebut terdiri dari Periode Waktu RPJMD 2013-2018, Pola Penulisan RPJMD 2013-2018, Kondisi Umum Daerah , Kerangka Ekonomi Makro dan Sumber Pembiayaan,Visi dan Misi Kepala Daerah, Strategi Pembangunan Daerah, Arah Kebijakan Keuangan Daerah, Arah Kebijakan Umum Daerah, Pembangunan Berdimensi Wilayah, Program dan Kegiatan Pembangunan Daerah, Indikator Kinerja serta Matrik Program dan Kegiatan. Semua komponen RPJMD tersebut diguakan oleh Bappeda Kabupaten Kapuas. Tetapi terdapat bab analisis isu-isu strategis yang tidak masuk dalam komponen tersebut. Adapun kendala dalam model perencanaan dokumen RPJMD adalah karena Sumber Daya Manusia, Belum maksimalnya perhatian pimpinan serta belum lengkapnya data yang dimilki SKPD dan Kecamatan di Kabupaten.

Kata Kunci : Model, Rencana Pembangunan Jangka Menengah
Daerah (RPJMD), Kabupaten Kapuas.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI