DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENANAMKAN NILAI NASIONALISME KH. IDHAM CHALID PADA PESERTA DIDIK MELALUI MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 6 BANJARMASIN
PENGARANG:RENI RIDATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-12


Nasionalisme sebagai paham untuk mengingatkan generasi muda akan perjuangan pahlawan yang berjuang demi membela tanah air, pahlawan yang mempunyai nilai nasionalisme yaitu KH. Idham Chalid yang merupakan ulama dan politikus yang berasal dari Kalimantan Selatan, nilai nasionalisme dapat ditanamkan kepada peserta didik melalui pembelajaran IPS yang dilakukan di sekolahan.

            Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan biografi Idham Chalid, mendeskripsikan nilai nasionalisme Idham Chalid dan penanaman nilai nasionalisme yang dimiliki oleh Idham Chalid pada peserta didik melalui mata pelajaran IPS di SMP Negeri 6 Banjarmasin,

            Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, subjek penelitian orang yang mengenal Idham Chalid, guru, dan peserta didik yang ada di SMP 6 Banjarmasin, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.

            Penelitian ini menghasilkan: 1) Biografi Idham Chalid dari masa kecil Idham Chalid, Masa Remaja Idham Chalid, Masa Bekerja Idham Chalid, Masa Mempertahankan Kemerdekaan sampai Wafatnya Idham Chalid. 2) Nilai nasionalisme yang dimiliki Idham Chalid yaitu Rela berkorban, Cinta tanah air, Bangga sebagai bangsa Indonesia, dan Berani. 3) Penanaman nilai nasionalisme Idham Chalid pada peserta didik melalui mata pelajaran IPS dilakukan oleh guru IPS yang melalui tahap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan kegiatan awal pembelajan di awali dengan mengucapkan salam, berdoa, apersepsi, dan motivasi. Kegiatan inti pembelajaran dilakukan oleh guru dengan cara membahas materi pembelajaran yang menceritakan perjuangan tokoh di Kalimantan selatan khususnya KH. Idham Chalid, cerita keteladanan, dan motivasi dengan menggunakan sumber belajar dan media pembelajaran. Kegiatan penutup pembelajaran dilakukan oleh guru dengan cara memberikan evaluasi dan simpulan.

            Simpulan penelitian: nilai nasionalisme dari biografi Idham Chalid  berupa rela berkorban, cinta tanah air, bangsa dan Negara, bangga sebagai bangsa Indonesia, dan berani. Nilai-nilai nasionalisme ditanamkan kepada peserta didik melalui proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 6 Banjarmasin. Saran bagi sekolah, guru, peserta didik, dan peneliti selanjutnya yaitu harus lebih mengenal lagi tokoh-tokoh pahlawan yang ada di daerah Banjarmasin, dan lebih menghargai dan menghormati perjuangan tokoh pahlawan.

Kata Kunci: Biografi, Nilai Nasionalisme, Pendidikan IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI