DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK MATERI POLA DASAR UNTUK KELAS 10 DI SMK N 4 BANJARMASIN
PENGARANG:DEWI NOVIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-13


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif dengan pendekatan konstruktivistik menggunakan macromedia flash 8 pada materi pola draping kelas X di SMK N 4 Banjarmasin. (2) Mengetahui tingkat kelayakan multimedia pembelajaran interaktif dengan pendekatan konstruktivistik menggunakan macromedia flash 8 pada materi pola draping kelas X di SMK N 4 Banjarmasin.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Tahapan-tahapan dalam pengembangan media ini meliputi: tahap perencanaan, desain, pengembangan, implemintasi, dan evalusi. Tahap pengujian yang dilakukan terhadap kelayakan media pembelajaran meliputi uji alpha dan uji beta. Uji coba alpha dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, uji coba beta dilakukan oleh 30 siswa kelas X SMK N 4 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, kuesioner, dan lembar observasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan analisis deskriptif yang diuangkapkan dalam distribusi skor skala 4 (skala likert). Produk akhir dari pengembangan media pembelajaran ini dilanjutkan dengan uji kelayakan produk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk menentukan kelayakan design.

Hasil penelitian yang diperoleh antara lain: (1) multimedia pembelajaran interaktif dengan pendekatan konstruktivistik menggunakan macromedia flash 8 pada materi pola draping kelas X di SMK N 4 Banjarmasin ini berhasil dikembangkan melalui beberapa tahap yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implemintasi, dan evaluasi. (2) tingkat validitas multimedia pembelajaran interaktif dengan pendekatan konstruktivistik menggunakan macromedia flash 8 pada materi pola draping kelas X di SMK N 4 Banjarmasin yang diberikan oleh ahli media dengan mendapatkan skor rata-rata 4.0 dengan katagori “sangat baik”, sedangkan dari hasil angket ahli materi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mempunyai kriteria sangat baik atau skor rata-rata “4.0”. Respon siswa terhadap media tersebut positif, hal ini terlihat dari nilai respon positif siswa yang mencapai skor rata-rata 4.0 Jika nilai kuantitif tersebut dikonversikan ke nilai kualitatif makan diperoleh nilai “sangat setuju” atau “sangat baik”. Berdasarkan semua ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran. 

Kata kunci: media pembelajaran interaktif, konstruktivistik, pola draping

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI