DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Nilai Kejuangan Ratu Zaleha (1880-1953) pada Peristiwa Perang Banjar sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:IDA FARIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-13


ABSTRAK

Ida Farida, 2018. Nilai Kejuangan Ratu Zaleha (1880-1953) pada Persitiwa Perang Banjar Sebagai Sumber Belajar IPS. Program Studi Pendidikan IPS, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I Dr. Syaharuddin, MA dan Pembimbing II Drs. Heru Puji Winarso, M.Si

Kalimantan Selatan mempunyai seorang pahlawan perempuan yang bernama Ratu Zaleha, namun sebagian orang tidak mengetahui siapa sosok pahlawan tersebut, maka dari itu di buat lah biografi Ratu Zaleha. Dari Biografi tersebut terdapat sebuah nilai. Nilai-nilai yang terdapat di dalam biografi tersebut adalah nilai kejuangan. Nilai kejuangan tersebut adalah nilai patriotisme, kerja keras, tanggung jawab, religius, toleransi dan peduli sosial. Nilai-nilai tersebut dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS dalam materi pembelajaran IPS.

Tujuan penelitian ini mendiskripsikan peran Ratu Zaleha dalam perang Banjar, mendiskripsikan nilai-nilai kejuangan Ratu Zaleha dalam perang Banjar, mendiskripsikan nilai kejuangan Ratu Zaleha diintegrasikan sebagai sumber belajar IPS.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian adalah sumber primer dan juga menggunakan sumber sekunder (wawancara).

Hasil penelitian menunjukkaan bahwa: 1) Biografi (gambaran kehidupan Ratu Zaleha dari lahir, masa remaja, masa perjuangan). 2) Nilai-nilai kejuangn Ratu Zaleha dalam perang banjar yaitu ada 6 nilai (patriotisme, kerja keras, tanggung jawab, religius, toleransi dan peduli sosial). 3) Nilai kejuangan Ratu Zaleha dijadikan sebagai Sumber Belajar IPS, dari hasil wawancara dan analisis RPP dari guru SMP Negeri 1 Banjarmasin dan SMP Negeri 7 Banjarmasin, guru SMP Negeri 1 Banjarmasin belum optimal dalam menggunakan sumber lokal sebagai sumber belajar IPS, tetapi mereka hanya menyampaikan secara lisan saja tentang konten lokal (secara umum), sejarah lokal dan persoalan tentang Ratu Zaleha dalam pelajaran berlangsung tetapi dia tidak mencantumkan hal tersebut di dalam RPP, sedangkan guru SMP Negeri 7 Banjarmasin, dia belum menggunakan sumber lokal sebagai sumber belajar IPS, tetapi dia ingin memulai untuk menggunakan sumber lokal sebagai sumber belajar IPS.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah Nilai-nilai kejuangan dari biografi Ratu Zaleha diintegrasikan sebagai sumber belajar IPS yaitu ada terdapad 6 nilai (patriotisme, kerja keras, tanggung jawab, religius, toleransi dan peduli sosial). Peneliti memiliki saran, untuk masyarakat agar untuk lebih mengenal dan mengetahui sosok Ratu Zaleha dan juga untuk guru IPS seharusnya lebih banyak memiliki pengetahuan dan wawasan agar dapat memberikan ilmu kepada peserta didik.

 

Kata Kunci: Biografi, Nilai-nilai kejuangan, Integrasi nilai kejuangan sebagai sumber belajar IPS.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI