DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LKPD KONSEP EKOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI PETA PIKIRAN (MIND MAP) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA
PENGARANG:MASLIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-14


MASLIANI, 2019. Pengembangan LKPD Konsep Ekologi Menggunakan Strategi Peta Pikiran (Mind Map) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta didik. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Dr. H. Aminuddin Prahatama Putra, M.Pd., dan (II) Dr. Hj. Atiek Winarti, M.Pd., M.Sc.
Kata Kunci:  Berfikir Kreatif,  LKPD, Peta Pikiran
Permasalahan rendahnya keterampilan berpikir kreatif  dikarenakan ketiadaan LKPD yang dapat digunakan untuk menggali potensi kreatif peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD konsep Ekologi menggunakan strategi peta pikiran (mind map) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini menggunakan dua tahapan dari model penelitian pengembangan Plomp yaitu tahap pendahuluan dan tahap prototipe. Subjek penelitian adalah 51 peserta didik kelas X.MIA.1, 2 dan 3 SMA Negeri 12 Banjarmasin. Nilai validitas LKPD sebesar 89,31% (sangat valid), LKPD yang dikembangkan dilihat dari aktivitas guru untuk kepraktisan harapan memperoleh persentase 94,00% (sangat baik), kepraktisan aktual memperoleh persentase 95,00% (sangat baik), dilihat dari aktivitas peserta didik memperoleh persentase 94,75 % (sangat baik) untuk kepraktisan harapan dan untuk kepraktisan aktual memperoleh persentase  93,16% (sangat baik), dan 92,75% (sangat baik), dari respon peserta didik diperoleh persentase sebesar 77,21% (baik). Dari hasil NGain uji keefektifan terlihat adanya peningkatan keterampilan berpikir kreatif dengan kategori sedang untuk ke 5 indikator. Diperoleh kesimpulan bahwa LKPD konsep ekologi menggunakan strategi peta pikiran yang dikembangkan adalah valid, praktis dan efektif untuk melatihkan  keterampilan berpikir kreatif peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI