DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI SOSIAL SYAIKH ABDURRAHMAN SHIDDIQ SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:NUR HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-14


Penelitian ini dilatarbelakangi masalah yaitu menurunnya nilai sosial akibat dari perkembangan zaman, yang membuat guru harus mengetahui penyebab menurunnya nilai sosial kepada peseta didik maka harus memberikan perencanaan pembelajaran yang baik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tentang penanaman nilai sosial, sehingga peserta didik cenderung untuk menyukai mata pelajaran tersebut. Nilai sosial yang terdapat dalam Syaikh Abdurrahman  Shiddiq merupakan satu bentuk yang harus diteladani, yang dapat dijadikan sumber belajar IPS. Penggunaan nilai sosial sebagai salah satu sumber belajar IPS di sekolahan akan sangat membantu dalam memahami materi selain itu peserta didik juga bisa menerapkannya di dalam lingkungan bermasyarakat

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan biografi Syaikh Abdurrahman  Shiddiq, mendeskripsikan nilai sosial dari Syaikh Abdurrahman  Shiddiq, mendeskripsikan nilai sosial dari Syaikh Abdurrahman  Shiddiq sebagai sumber pembelajaran IPS.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah masyarakat dan keluarga guna untuk mengetahui cerita kehidupan Syaikh Abdurrahman  Shiddiq.

Hasil penelitian adalah mengkaitkan nilai sosial kedalam proses pembelajaran terutama mata pelajaran IPS sangat membantu peserta didik. Mempelajari nilai sosial Syaikh Abdurrahman  Shiddiq diharapkan peserta didik akan lebih mengetahui perjalanan hidup tokoh ulama tersebut, dan peserta didik mampu mengambil dan memetik nilai-nilai Syaikh Abdurrahman Shiddiq seperti: rendah hati, kerja keras, rasa ingin tahu, gotong royong, religius, dan toleransi, tanggung jawab untuk dijadikan sebagai contoh panutan dalam kehidupan bermasyarakat.

Berdasarkan pembahasan disimpulkan bahwa melalui tokoh ulama dijadikan sebagai sumber pembelajaran IPS diharapkan peserta didik dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungannya, dengan demikian dapat menimbulkan perubahan dalam diri yang lebih baik. Namun sebagai guru juga harus lebih mengoptimalkan pembelajaran dengan mendesain RPP agar peserta didik mengikuti pelajaran dengan aktif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI