DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP UNTUK KELAS IV DI SDN INTI KEBUN BUNGA 5 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | Riska Aprillia Soraya | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-06-16 |
ABSTRAK
Riska Aprilia Soraya, A1F214202. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Videoscribe Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Kelas IV Di SDN Inti Kebun Bunga 5 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi TeknologiPendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. 2018. Dosen Pembimbing (I) Dr. H. Hamsi Mansur, M.M.Pd. Dosen Pembimbing (II) Mastur, M.Pd
Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Sparkol Videoscribe, Minat Belajar, ADDIE.
Proses pembelajaran yang dilaksanakan di SDN Inti Kebun Bunga 5 Banjarmasin tergolong masih konvensional. Hal tersebut membuat minat belajar siswa menjadi rendah. Pembelajaran dirasa sangat membosankan sehingga banyak siswa yang kurang memperhatikan guru pada saat menyampaikan materi. Siswa lebih memilih berbicara dengan teman daripada mendengarkan ceramah dari guru. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran menggunakan sparkol videoscribe dengan tujuan meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu analysis, desain, development, implementation, evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN Inti Kebun Bunga 5 Banjarmasin yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media pembelajaran ini menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan sparkol videoscribe telah memenuhi syarat dan dianggap layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut dilihat dari hasil validasi ahli media yang memperoleh 80% untuk mutu teknis, dan 82,5% untuk aspek media. Sedangkan hasil validasi dari ahli materi 100% untuk aspek media, dan 100% untuk kesesuaian dengan isi materi. Berdasarkan ahli media, media pembelajaran ini tergolong kategori baik sedangkan ahli materi, media pembelajaran ini tergolong kategori sangat baik. Hail penggunaan media pembelajaran menggunakan sparkol videoscribe ini terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil pengukuran minat belajar siswa yang memperoleh hasil 57,4 sebelum menggunakan media, dan 63,6 sesudah menggunakan media. Berdasarkan uraian hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan sparkol videoscribe yang telah dikembangkan layak untuk dijadikan media pendukung pada proses pembalajaran dan mampu mengingkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan simpulan diatas maka disarankan bahwa media pembelajaran menggunakan sparkol videoscribe dapat menjadi salah satu alternatif media yang mampu meningkatkan minat belajar siswa.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI