DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA GEMAR BERNYANYI SISWA KELAS I DI SDN PASAR LAMA 3 BANJARMASIN
PENGARANG:Dessy Intan Rusfida Sari
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-16


ABSTRAK

Dessy Intan Rusfida Sari, A1F214201, 2018. Pengembangan Media Audio Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyiak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Gemar Bernyanyi Siswa Kelas I Di SDN Pasar Lama 3 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Teknologi Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. 2018. Dosen Pembimbing (I) Dr. Ahmad Soyan, M.A. Dosen Pembimbing (II) Rafiudin, M.Pd.

 

Kata kunci: Keterampilan Menyimak, Media Audio Pembelajaran, Siswa Kelas I

Proses keterampilan menyimak tanpa menggunakan media salah satu klasifikasi pada siswa kelas I yang berdampak pada pemecahan masalah secara abstrak. Dari sekian banyak hal yang abstrak adalah meningkatkan keterampilan menyimak. pada hasil observasi di kelas I, ditemukan bahwa proses pembelajaran belum konkret karena tidak menggunakan media pembelajaran, sehingga membuat para siswa kurang berminat dan keterampilan menyimak mereka tidak meningkat. Dari hasil observasi peneliti berasumsi bahwa media audio pembelajaran akan mampu membantu para siswa dalam belajar menyimak.

 

Pada penelitian ini, peneliti menggunakan model ADDIE dengan metode penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian diambil berdasarkan dengan ketentuan – ketentuan yang sudah ditentukan oleh peneliti, mulai dari klasifikasi sampai dengan keterampilan menyimak yang dimiliki oleh para siswa kelas I. Pengumpulan data berupa observasi, kuesioner, dan tes keterampilan menyimak, sedangkan untuk analisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif dan statistik sehingga menghasilkan penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Desain yang dipakai adalah one group pretest post test design, dalam desain ini sebelum diberikan perlakuan terlebih dahulu sampel akan diberi pretest (tes awal) dan di akhir pembelajaran sampel diberi post test (tes akhir). Dengan demikian hasil perlakuan dapat diketahui secara lebih akurat, karena dapat membandingkan hasil pretest dan post test. Subjek penelitian ini adalah para siswa kelas I yang dibagi menjadi tiga kelompok per orang sebanyak 3 siswa, kelompok kecil sebanyak 5 siswa dan kelompok besar sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis uji – t.

 

Berdasarkan hasil pengolahan data dan uji produk yang telah dilaksanakan sebelumnya, maka dapat dinyatakan bahwa dalam penelitian ini diterima, yaitu dengan menunjukan bahwa “Ada peningkatan pada menggunakan media audio pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menyimak pada siswa kelas I di SDN Pasa Lama 3 Banjarmasin” 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI